Connect with us

Politik

KPU Trenggalek Mulai Distribusikan Peralatan Prokes ke TPS

Diterbitkan

||

Pendistribusian logistik protokol kesehatan di Kabupaten Trenggalek.
Pendistribusian logistik protokol kesehatan di Kabupaten Trenggalek.

Memontum Trenggalek – Mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19 pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Trenggalek 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai distribusikan sejumlah peralatan protokol kesehatan (Prokes).

Nantinya, pendistribusian alat protokol kesehatan ini akan diberikan ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di Kabupaten Trenggalek.

Sekretaris KPU Kabupaten Trenggalek, Wiratno mengatakan pendistribusian sejumlah peralatan protokol kesehatan ini dilakukan sejak 24 November kemarin hingga 29 November mendatang.

“Mengingat Pemilu tahun 2020 nanti masih dalam masa pandemi Covid-19, kami dari KPU Trenggalek sudah mulai mendiskusikan sejumlah peralatan protokol kesehatan ke masing-masing TPS. Pendistribusian ini sudah dilakukan sejak 24-29 November besok,” ucap Wiratno saat dikonfirmasi, Jum’at (27/11/2020) sore.

Diketahui ada 13 jenis logistik protokol kesehatan yang didistribusikan. Ke 13 jenis logistik ini terbagi dari 3 tipe. “Tipe pertama adalah alat kesehatan seperti baju hazmat dan sarung tangan latex. Yang kedua, perlengkapan kesehatan rumah tangga yakni sabun cuci tangan dan hand sanitizer. Lalu yang ketiga, batang umum seperti timba untuk tempat cuci tangan dan juga face shield,” imbuhnya.

Wiranto menegaskan pendistribusian sejumlah peralatan protokol kesehatan ini, tak lain untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19 saat proses pemungutan suara, penghitungan suara sampai rekapitulasi suara.

Sejumlah logistik protokol kesehatan ini dikirim dari Gedung Serba Guna Trenggalek menggunakan truk. “Dari sini, logistiknya akan dikirim ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dilanjutkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan selanjutnya akan didistribusikan ke masing-masing TPS,” kata Wiratno.

Sementara itu, terkait logistik untuk proses pemungutan, penghitungan serta rekapitulasi suara, jadwal pendistribusiannya masih menyusul. Mengingat, proses sortir lipat surat suara baru akan dilakukan pada hari Minggu (29-30/11/2020) besok.

Masih terang Wiratno, terkait perlengkapan protokol kesehatan untuk proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek nanti, masih ada kekurangan.

“Dari beberapa jenis logistik protokol kesehatan, masih ada 2 item yang masih menunggu pengirimannya. 2 item yang dimaksud adalah alat pengecek suhu tubuh (Thermogun) dan sarung tangan latex,” terangnya.

Meski demikian, sejumlah peralatan protokol kesehatan yang sudah ada mulai didistribusikan agar tidak ada yang terlupa. Dengan adanya pendistribusian peralatan protokol kesehatan ke tiap-tiap TPS ini diharapkan seluruh rangkaian Pemilu Trenggalek tahun 2020 bisa berjalan aman, nyaman tanpa muncul adanya penularan Covid-19 di cluster TPS.

“Ya mudah-mudahan dengan ini semua, bisa mengantisipasi penularan Covid-19 utama di saat pemungutan suara,” pungkas Wiratno. (mil/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *