Connect with us

Pemerintahan

Mendes PDTT Tekankan Netralitas kepada Camat dan Kades

Diterbitkan

||

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengadakan Kunker di Malang.
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengadakan Kunker di Malang.

Pada Pelaksanaan Pilbup Malang

Memontum Malang – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, menegaskan kepada setiap camat dan kepala desa (Kades) untuk berlaku netral dalam Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Malang 2020.

“Saya tahu, di Kabupaten Malang ini akan melaksanakan Pilbup. Saya ke Malang, dalam rangkaian kunjungan kerja (Kunker) bukan mengurusi Pilbup,” ujar Gus Halim-sapaan akrabnya, Sabtu (28/11) tadi.

Gus Halim menjelaskan, walau saat ini menjelang Pilbup Malang 2020, dirinya meminta kepada seluruh jajaran camat dan Kades termasuk seluruh ASN, untuk tetap netral dan menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. “Kalau Pilbup, biarkan saja berjalan sesuai aturannya. Kades, camat dan semua ASN, jangan ikut-ikut,” ungkapnya.

Jika merujuk langsung kepada Undang-Undang dan amanat Presiden, lanjut Gus Halim, kemandirian sebuah desa demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat, seluruh Kades harus bisa fokus dalam menggunakan dana desa (DD) untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan sumber daya manusia di desa.

“Kita harus fokus untuk fungsi desa itu seperti apa. Dana Desa harus dirasakan oleh masyarakat, terutama masyarakat miskin dan digunakan untuk kebutuhan ekonomi dan peningkatan SDM,” tutupnya. (riz/sit)