Connect with us

Pendidikan

SMPN 10 Raih Juara 1 Final Lomba Tari Kreasi Bolinggoan

Diterbitkan

||

Penyerahan Piala lomba tari kreasi Bolinggoan.
Penyerahan Piala lomba tari kreasi Bolinggoan.

Memontum Probolinggo – Delapan finalis unjuk kebolehan di hadapan dewan juri, dalam Malam Final Lomba Tari Kreasi Bolinggoan Tahun 2020 di Orin Hall beberapa waktu lalu.

Kasie Sejarah Tradisi yang sekaligus Kasie Kesenian pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo, Novie Bayu Wardhani yang ditemui di sela-sela acara mengatakan, giat yang awalnya diikuti 19 peserta itu sudah dimulai beberapa waktu sebelumnya.

“Diikuti 19 peserta dengan mengirimkan video durasi maksimal tujuh menit. Dan mereka yang hadir malam ini adalah delapan finalis yang sudah terjaring di sesi sebelumnya,” ujarnya.

Menggandeng 3 orang juri yang terdiri dari Dewan Kesenian Kota Probolinggo, Priyono, dan Pundjul Pitono serta Mohammad Haryanto dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya, lomba berlangsung seru dan menghibur.

Setelah berlangsung selama empat jam, akhirnya dewan juri mengumumkan nama-nama pemenang, yang berhak atas hadiah berupa trophy, piagam dan sejumlah uang pembinaan.

Juara harapan satu diraih oleh karya Susup – Bherlianna Emas Susilo; juara harapan dua Kipas Bayuangga – Sonia Ajeng A; juara harapan tiga, Larung Sesaji – Dinar kurnia K D; juara harapan empat diraih karya Sekar Arum – Ika Suryawuri dan juara harapan lima Minion Jaran Bodhag – Soviatun FZ.

Adapun untuk juara tiga, salah satu juri dari STKW yang akrab disapa Hary itu menambahkan, dimenangkan oleh karya Doro Getak, binaan Eksa Hertin Probowati, runner up diraih oleh Jebhing Majengan – Tabah Luh Penatas.

“Maka otomatis Pemenang Malam Final Lomba Tari Kreasi Bolinggoan Tahun 2020 persembahan Disdikbud Kota Probolinggo diberikan kepada selamat Yeyen Eulan R, dengan karya Jaran Bodhag Karepan,” tandas Hary diikuti sorak sorai riuh penonton, Senin (30/11/2020).

Pada kesempatan itu pula dipilih karya favorit pilihan panitia, yang diumumkan oleh Plt. Sekretaris Disdikbud Sardi, yakni karya Doro Getak dari Eka Hertin Probowati.

Sementara itu, Kepala SMPN 10, Aris Tantomas mengatakan, pihaknya bersyukur anak anak didik telah menunjukkan prestasi luar biasa.

“Ini tidak luput berkat doa juga dorongan semangat guru pembimbing bidang seni dan budaya.Selain itu siswa siswi SMN 10 juga meraih juara pertama dalam lomba pidato,” terangnya. (geo/mzm)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *