Connect with us

SEKITAR KITA

RW 2 Karangbesuki Fokus Pengolahan Sampah

Diterbitkan

||

RW 2 Karangbesuki Fokus Pengolahan Sampah - Juara I Lomba Kampung Bersinar Kota Malang 2020

Juara I Lomba Kampung Bersinar Kota Malang 2020

Memontum Malang Kota – Setelah melalui tahapan penilaian yang cukup panjang, RW 2 Karangbesuki akhirnya keluar sebagai Juara I Lomba Kampung Bersinar, Jumat (4/12) tadi. Adalah fokus pada pengelolaan sampah, yang dikembangkan RW 2 Karangbesuki, sehingga berhasil membawa pulang penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, di Balai Kota Malang.

Disinggung mengenai torehan prestasi dalam lomba itu, Ketua RW 2 Karangbesuki, Sehadi, mengatakan cukup sederhana. Bahwa, dirinya mengajak masyarakat bersama-sama menjaga, menata dan memperbaiki lingkungan.

“Bergotong royong saling berbagi dan bertukar pikiran, bagaimana mewujudkan keasrian di lingkungan RW kami,” jelasnya.

Diuraikannya, butuh waktu selama tiga bulan, untuk menggenjot kembali kesiapan, yang sebenarnya selama ini sudah ada. “Kami tinggal memfokuskan dan menekankan apa yang sudah ada selama ini. Seperti program dan ide-ide,” ujar pria yang membawahi 12 RT di Karangbesuki ini.

Berhasilnya RW 2 Karangbesuki, tambah Sehadi, ternyata juga dipengaruhi oleh pengelolaan sampah yang menjadi konsen utama di wilayahnya. Selain membuat komposter dan biopori, warga di lingkungan ini juga beramai-ramai kompak melakukan penghijauan.

“Setiap RT ada spot yang sangat menunjang penilaian. Yaitu, pengelolaan sampah,” ungkap pria yang saat itu tengah mengenakan kemeja putih.

Lebih lanjut, Sehadi mengatakan, ada pemilahan sampah organik dan anorganik, yang dilakukan di wilayahnya. Untuk sampah organic, tidak semata-mata langsung dibuang, melainkan dibuat komposter. “Kami ingin sekali, sampah yang dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) berkurang dengan cara diolah kembali,” paparnya. (cw1/sit)