Connect with us

Pendidikan

532 Mahasiswa PDD Diwisuda Polinema

Diterbitkan

||

532 Mahasiswa PDD Diwisuda Polinema

Memontum Kota Malang – Sebanyak 532 mahasiswa Pendidikan di Luar Domisili (PDD), seperti Kabupaten Jepara, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pamekasan, diwisuda pada Senin (30/11). Wisuda dilaksanakan offline dengan protokol kesehatan yang ketat, di Kampus Polinema Malang dan disiarkan streaming Youtube di kanal Politeknik Negeri Malang.

Para wisudawan PDD telah menempuh jenjang studi D-II dan berhak menyandang gelar akademik Ahli Muda. PDD merupakan bentuk nyata dari Politeknik Negeri Malang (Polinema) dalam memperluas akses perguruan tinggi ke daerah.

Wisudawan lulusan PDD Kabupaten Jepara dan Kabupaten Bojonegoro, pada tahun 2020 ini merupakan angkatan terakhir. Sedangkan untuk PDD Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pamekasan, beralih status menjadi PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama).

“Keberlanjutan penyelenggaraan pendidikan tinggi, khususnya Pendidikan Tinggi Vokasi dalam bentuk PSDKU (Program Studi di Luar Kampus Utama) sangat tergantung dari pemerintah daerah. Jika pemerintah daerah membutuhkan keberadaan Perguruan Tinggi Vokasi, maka Politeknik Negeri Malang siap membantu dan memfasilitasi. Kami tetap konsisten meningkatkan kualitas SDM di Indonesia, khususnya di Jawa Timur,” kata Direktur Polinema, Drs. Awan Setiawan, M.MT., MM.

Direktur Polinema menambahkan, tuntutan kebutuhan SDM unggul yang memiliki keterampilan semakin tinggi di era Revolusi Industri 4.0. Salah satu strategi pemerintah menjawab tantangan ini, adalah memberikan peluang yang lebih besar pada pengembangan perguruan tinggi vokasi.

Direktur Polinema berharap, kebijakan mengubah program PDD menjadi PSDKU berdasarkan Peraturan Menteri Ristek Dikti Nomor 1 Tahun 2017 dapat meningkatkan eksistensi Politeknik Negeri Malang di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pamekasan.

PDD Lumajang yang sebelumnya mempunyai Program Studi D-II Teknik Sipil dan D-II Teknik Otomotif Elektronik, akan menjadi PSDKU Polinema di Kab. Lumajang dengan empat Program Studi yaitu: D-III Teknologi Sipil, D-III Teknologi Informasi, D-III Akuntansi dan D-IV Teknologi Rekayasa Industri Otomotif.

PDD Pamekasan yang sebelumnya mempunyai Program Studi D-II Akuntansi dan D-II Teknik Otomotif, akan menjadi PSDKU Polinema di Kab. Pamekasan dengan tiga Program Studi yaitu: D-III Sistem Informasi, D-IV Akuntansi Perpajakan dan D4 Teknik Rekayasa Otomotif.

Sebagai bentuk kepedulian dan kesiapannya pada Era Normal Baru, pada wisuda kali ini, Polinema menayangkan video penerapan protokol kesehatan di kampus Polinema. Tidak hanya itu, Polinema juga menghadirkan dr. Ragilda Rachma, Satgas Covid-19 pada beberapa kampus dan rumah sakit di Kota Malang, yang memberikan informasi tentang Covid-19, penularan dan cara pencegahannya. (hms/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *