Connect with us

Hukum & Kriminal

Api Las Menyambar Tumpahan Bensin, Bengkel dan 4 Bangunan Rumah Terbakar

Diterbitkan

||

Kondisi mobil yang terbakar. ( ist)
Kondisi mobil yang terbakar. ( ist)

Memontum, Kota Malang – Bengkel Ketok Magic ‘Anugrah Jaya’ milik Talka (40) di Jl LA Sucipto No 294, RT 06/RW 01, Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Minggu (6/12/2020) pukul 10.30 WIB, terbakar.

Kebakaran itu akibat api las menyambar tumpahan bensin hingga membakar seisi bengkel dan merambat ke warung ‘Rujak Bu Oni’ yang berada di sebelah bengkel.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun diperkirakan kerugian yang ditimbulkan lebih dari 250 juta. Sebab area yang terbakar selain bengkel juga ada 4 bangunan rumah.

Informasi Memontum.com bahwa sebelum kejadian, para karyawan bengkel sedang memperbaiki mobil Innova. Saat itu Iswanto (35) karyawan bengkel berada di samping mobil. Sedangkan M. Talka, pemilik bengkel dan Tedy Kurniawan (24) karyawan bengkel, sedang memoles kendaraan di depan bengkel.

Saat Iswanto yang menyalakan mesin las, apinya menyambar tumpahan bensin dari selang tangki mobil yang sebelumnya dilepas.

Api dengan cepat merambat membakar mobil Innova tersebut dan membakar seluruh bangunan bengkel. Api dengan cepat membesar karena di area bengkel banyak terdapat bahan mudah terbakar.

Para karyawan bengkel pun berlarian meminta tolong warga sekitar. Warga pun berdatangan mencoba memadamkan api dengan air seadanya. Ada yang membawa Apar, ada juga yang membawa bak untuk menyiram lokasi kebakaran.

Kepulan asap tebal saat awal terbakar. (ist)

Kepulan asap tebal saat awal terbakar. (ist)

Namun api tetap membesar merembet ke warung Rujak Bu Oni yang berada di samping bengkel. Api juga merambat ke rumah Cholil yang berada di belakang bengkel dan 2 rumah lainnya.

Kejadian ini selanjutnya dilaporkan ke Polsekta Blimbing dan PMK Kota Malang. Sebanyak 6 Unit Mobil Damkar segera tiba di lokasi.

Petugas PMK Kota Malang segera melakukan pemadaman mencari titik-titik api. Lokasi kebakaran yang berada di pemukiman padat penduduk sangat cepat merambat. Namun berkat kegigihan petugas pemadam, api akhirnya berhasil dipadamkan.

Adapun barang yang terbakar diantaranya mobil Innova, motor RX King, bangunan bengkel dan 4 bangunan rumah, kulkas, mesin cuci, TV dan ponsel Samsung.

Petugas PMK saat melakukan pemadaman. (ist)

Petugas PMK saat melakukan pemadaman. (ist)

Kapolsek Blimbing Kompol Hery W Widodo, saat dikonfirmasi Memontum.com membenarkan adanga kebakaran tersebut.

“Dari keterangan saksi, saat menyalakan las, api menyambar tanah bekas tetesan bensin dari selang tangki mobil Innova yang dilepas sebelumnya. namun sudah kemudian secara cepat api menyambar serta membakar mobil Innova yang akan dilas dan bangunan bengkel. Api dengan cepat merambat ke samping kiri membakar bangunan rumah,” ujar Kompol Hery.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang, Teguh Budi Wibowo mengatakan bahwa ada 5 bangunan yang terbakar.

“Awalnya kobaran api dari bengkel, merambat ke warung, kemudian ada 2 rumah di bagian belakang bengkel yang atapnya terbakar serta 1 rumah lainnya terbakar pada bagian lantai dua,” ujar Teguh. Area yang terbakar seluas 200 meter persegi. (gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *