Connect with us

SEKITAR KITA

MCW Gelar Aksi di Momen Peringati Hari Anti Korupsi Internasional

Diterbitkan

||

MCW Gelar Aksi di Momen Peringati Hari Anti Korupsi Internasional

Memontum Kota Malang – Malang Corruption Watch (MCW) menggelar aksi damai di depan Gedung DPRD Kota Malang, Rabu (9/12) pagi. Giat dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia ini diikuti oleh belasan anggota MCW.

Tidak hanya memasang banner publikasi situs korupsi di Malang Raya, tetapi dalam aksinya itu, juga membagikan stiker serta press release berjudul ‘Hari Anti Korupsi, Pilkada Masih Sebagai Benih Korupsi Politik’.

Melalui kegiatan ini, MCW ingin memberitahukan kepada public terkait Pilkada yang merupakan benih awal dari korupsi politik. Kemudian, juga ingin menegaskan kembali bahwa semua elemen masyarakat harus bekerja sama memberantas tindak pidana korupsi.

“Dalam aksi simbolis ini, kami mengangkat tentang benih korupsi politik melalui Pilkada. Banyak pemodal yang menggelontorkan uang untuk dana kampanye, dimana dibalik itu ada tujuan untuk mempermudah bisnis mereka,” ujar Koordinator Aksi, Miri Pariyas. Ditambahkan, dalam pandemi seperti ini, harusnya para pemimpin tidak hanya pro dengan kesejahteraan pemodal. Menurutnya, hari ini yang terjadi bukan demokrasi pro kepada masyarakat tetapi lebih kepada demokrasi oligarki.

“Harusnya, Pilkada ditunda dulu. Kita lebih menyasar kepada kesejahteraan dan ekonomi masyarakat. Terlebih, makin hari kondisi juga kian memburuk,” ungkapnya.

Aksi berupa publikasi ini juga bertujuan mengingatkan masyarakat, bahwa pernah terjadi kasus korupsi di Malang Raya. “Banner berisi list situs korupsi di Malang Raya kita tampilkan. Supaya khalayak tau banyak kasus korupsi yang tidak ditindaklanjuti,” tambah wanita yang juga menjabat sebagai Badan Riset MCW.

Melalui kegiatan ini, MCW berharap dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat di Kota Malang. Para anggota partai politik, Paslon dalam pilkada dan masyarakat sipil harus saling berjejaring untuk memperkuat pemberantasan korupsi. (cw1/sit)