Connect with us

Pendidikan

Baru Dilaunching, E-Bike SMK Nasional Langsung Dibeli Wawali Malang

Diterbitkan

||

Memontum Malang Kota – SMK Nasional Kota Malang menggelar launching Gas Bike dan E-bike, Sabtu (12/12) tadi. Dalam kesempatan itu, hadir Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko. Termasuk, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Malang-Batu, Ema Sumiarti dan Kasubdit Kurikulum PSMK, Mochamad Widianto.
Kepala Sekolah SMK Nasional, Muhammad Taufik, menjelaskan bahwa terdapat empat unit Gas Bike dan E-bike buatan siswa jurusan TSM (Teknik Sepeda Motor) yang dilaunching pagi (12/12) ini. Diantaranya, adalah unit commuter bike, MTB (Mountain Bike), MTB down-hill, dan Selly (sepeda lipat).
“Pengembangannya sendiri melibatkan empat sampai lima siswa. Sementara durasi waktu pengerjaan, memakan waktu sampai sekitar dua bulan,” jelas Kepala Sekolah SMK Nasional.

Masih menurut Taufik, masing-masing E-bike memiliki spesifikasi batrai dan kemampuan jarak tempuh yang berbeda-beda. Commuter bike yang menyasar ibu-ibu dan remaja putri, memiliki kapasitas hub 480 watt dan jarak tempuh 40 KM, jika batrai terisi penuh. Kemudian jenis Selly, memiliki 500 watt pada komponen hub dengan kemampuan 40 KM jarak tempuh full-charging.

Untuk jenis MTB, berkapasitas 350 watt dengan ketahanan jarak tempuh 40 KM. Hub terbesar dengan spesifikasi 1000 watt serta tahan hingga jarak tempuh 70 KM, dalam kondisi batrai terisi penuh ada pada jenis MTB down-hill.

“Produk ini adalah bentuk ekonomi kreatif. Kami belum bergerak di manufaktur, jadi frame sepeda ini bekas. Lalu kami perbaiki, modifikasi dan pasang spare part yang sesuai. Sampai akhirnya, menghasilkan unit baru dalam wujud Gas Bike dan E-bike,” paparnya.

Taufik menambahkan, jika masyarakat ingin memesan, tinggal menghubungi sosial media maupun kontak WhatsApp SMK Nasional. “Bahkan, jika customer menginginkan sesuatu yang custom, sangat bisa dilayani. Seperti, penambahan nama dalam E-bike,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut, Wawali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, secara langsung melakukan test drive salah satu unit E-bike. Tidak sampai di situ, unit commuter bike pun langsung dibeli oleh pria yang akrab disapa Bung Edi ini.

Bung Edi pun merasa senang dan bersyukur atas berhasil dilaunchingnya Gas Bike dan E-Bike buah kreatifitas dan inovasi SMK Nasional.
“Ini merupakan hari yang bersejarah, karena di Kota Malang telah dilaunching Gas Bike dan E-bike oleh SMK Nasional Kota Malang. Semoga ini adalah awal yang baik di penghujung tahun 2020,” paparnya.

Dirinya sangat berharap, kedepannya produk ini bisa dikembangkan. Baik untuk kepentingan masyarakat maupun pemerintahan.
“Semoga dengan adanya produk yang sangat inovatif ini, kita semakin mencintai produk-produk dalam negeri. Apalagi ini buatan para generasi muda, siswa-siswa SMK,” urainya. (cw1/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *