Connect with us

KREATIF MASYARAKAT

Srikandi Klakah Sukses Jadi Pengusaha Buah Pisang

Diterbitkan

||

Optimalkan petani dan pedagang, kini droping pemesan dari wilayah Gresik

Memontum Lumajang – Usaha yang dilakukan Irma Suryani (30) warga Jalan Saonah Rt31 Rw14 Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, patut diacungi jempol. Ibu dua orang anak, dari istri Febri Aprilianto itu, merupakan perempuan yang tangguh.

Meski harus merawat kedua anaknya yang masih kecil-kecil, yaitu Amanda (12) dan Yudis Adistira (4). Dirinya terbilang tidak kenal lelah, dalam membantu penghasilan sang suami yang bekerja di perusahaan swasta untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Adalah berdagang buah pisang berikut variannya, yang dikembangkan oleh Irma. Menurut penuturannya pada memontum.com pada Minggu (13/12) pagi, dirinya mengawali usaha berdagang buah pisang sejak kurang lebih 2 tahun lalu. Pisang-pisang tersebut, awalnya dibeli dari para petani dan pedagang di sekitar wilayah kecamatannya yakni Klakah. Hingga saat ini, bidang yang ditekuninya terus berkembang sedikit demi sedikit.

“Awalnya, saya berdagang buah pisang dengan membeli langsung dari para petani dan pedagang di sekitar Klakah. Lama kelamaan, karena permintaan terus meningkat, saya mulai mencari buah pisang sampai ke Kecamatan Randu Agung hingga Kecamatan Pasirian,” ujarnya.

Mengenai jenis pisang yang dipasarkannya, istri dari Febri Aprilianto ini, menjelaskan ada beragam jenis. Mulai dari Pisang Berlin, Pisang Emas, Raja Mangka hingga Pisang Kepok dan bermacam jenis lain. Bahkan, selama seminggu, dirinya mampu mengirim rata-rata 1000 tandan lebih buah pisang ke Kota Gresik.
Bahkan, seiring berjalannya waktu, pisang-pisang tersebut saat ini dibeli bukan hanya dari Lumajang. Tetapi, sebagian juga dari Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember dan dari Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

“Meski ada penurunan pendapatan karena pandemi Covid-19. Dalam seminggu, saya masih bisa mengirim buah pisang ke Kota Gresik rata-rata 1000 tandan. Pisangnnya selain dari Lumajang juga saya beli dari warga Jember dan Probolinggo,” katanya.

Irma mengatakan, selain dijual secara langsung, sekarang ini buah pisang miliknya juga ada yang di olah menjadi kripik pisang. Bagi yang berminat untuk membeli buah pisang maupun kripik pisang, bisa menghubungi nomor Hp 085282072235 atau melalui media sosial miliknya, FB Mi’ing Menyoot.

“Untuk buah pisang jenis raja nangka, sekarang saya buat kripik dan saya beri merek ‘Mi’ing Menyoot’. Alhamdulillah, sementara ini untuk kripiknya dalam satu minggu bisa menjual rata-rata 15 kg, bagi yang berminat bisa datang langsung atau menghubungi fb atau nomor hp saya,” terangnya.

Sejak bergelut di bisnis buah pisang, kata Irma, memang tidak selalu berjalan mulus. Setiap usaha pasti ada saja kendalanya. Namun, dirinya tidak pernah putus asa dan menyerah.

“Dalam kita berusaha memang pasti ada aja kendalanya, jangan sampai putus asa dan terus berinovasi. Yakinlah, dengan berdoa dan terus berusaha Allah akan memberi kemudahan,” katanya. (adi/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *