Connect with us

Kabar Desa

Bersih Desa (Kelurahan) Songgokerto Digelar di Tiga Titik

Diterbitkan

||

Minimalisir pengumpulan massa dan jalankan Prokes

Memontum Kota Batu – Kelurahan Songgokerto, Kecamatan/Kota Batu, menggelar pelaksanaan Bersih Desa. Namun, dalam pelaksanaan kali ini, serangkaian kegiatan digelar dengan sangat sederhana. Dengan tanpa mengurangi maksud dan tujuan pelaksanaan serta tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes), kegiatan mulai digeber pada pagi tadi.

Lurah Songgokerto, Arsyan Dian Ramadhan, menjelaskan bahwa pelaksanaan acara bersih desa digelar selama kurun waktu dua hari. Itu pun, gebyar tidak bisa maksimal, karena pertimbangan masih dalam masa Covid-19.
“Kegiatan tidak seperti pada peringatan tahun sebelumnya. Tahun ini, banyak pemangkasan kegiatan. Sudah pasti, karena Covid ini,” katanya.

Ditambahkan Lurah Songgokerto, untuk gelaran acara, ada pertunjukan budaya dan hiburan lainnya. Untuk pengemasan serangkaian kegiatannya, dibuat dengan model membatasi kontak fisik dengan mengundangkan banyak masyarakat.

“Seperti pada hari ini, Senin (14/12) diawali acara Khataman Al Quran serta pengajian dimulai dari jam 05.00,” ujarnya.
Sementara untuk Selasa (15/12) besok, akan diadakan acara serentak yang digelar di 3 dusun. Acara tersebut telah terstruktur dari para sesepuh yang ada di Kelurahan Songgokerto.
“Di Dusun Tambun akan melakukan penanaman kepala sapi, Songgoriti acara wayang dan di Dusun Krajan sendiri menggelar acara karawitan. Dan serentak di laksanakan tanggal 15 besok,” jelasnya.
Lebih lanjut Lurah Songgokerto mengatakan, kepada masyarakat Beji, dihimbau untuk tetap disiplin protokol kesehatan. Dirinya berharap, dengan adanya bentuk bersih desa dalam setiap tahunnya, selain menghormati leluhur juga tetap melestarikan adat istiadat kejawen.

“Semoga dengan adanya acara bersih desa ini, dari rentetan kegiatan yang dimulai dari khataman Al Quran dan pengajian, hingga besok melakukan ziarah di tiap punden, supaya bumi kita lekas membaik dan Covid segera berakhir,” paparnya. (cw2/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *