Connect with us

Kabar Desa

Bersih Desa (Kelurahan) Songgokerto Diisi Penanaman Kepala Sapi hingga Pembersihan Punden

Diterbitkan

||

Rangkaian kegiatan bersih Desa Songgokerto.
Rangkaian kegiatan bersih Desa Songgokerto.

Memontum Kota Batu – Menjelang pergantian tahun 2020, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan/Kota Batu, pada Selasa (15/12) tadi, menggelar kegiatan rutin tahunan bersih desa.

Rangkaian kegiatan yang dimulai sekitar pukul 06.00, diawali dengan kegiatan di punden dan sumber mata air yang terletak di tiga titik, yaitu Songgokerto, Tambun dan Krajan.

Turut menyemarakkan acara, Lurah Songgokerto, Arsyan Dian Ramadhan, tokoh masyarakat, sesepuh desa hingga masyarakat dan wisatawan.

Khusus acara selamatan desa di sumber air hangat yang ada di desa Songgokerto, termasuk sakral. Sajian suguhan atau makanan untuk dibawa ke sumber harus suci dan tidak boleh mencicipi masakan tersebut.

Sesepuh Desa Songgokerto, Mbah Wiji, menerangkan bahwa mereka yang andil dalam acara tersebut harus suci (dari hadast besar).

“Jadi acara tadi dimulai setelah subuh. Mereka yang ikut, harus suci. Habis itu kita mengubur kepala sapi, pembersihan punden, berdoa (ziarah) setelah itu kita makan-makan bersama ditempat,” jelas Mbah Wiji.

Lurah Songgokerto menambahkan, serangkaian kegiatan ini digelar dengan harapan serta menghormati leluhur yang menjadi cikal bakal dusun.

“Tujuan kegiatan ini semata-mata hanya untuk menghormati leluhur dengan ziarah dan sedekah bumi seperti ini. Sekaligus berterima kasih dan mengucap rasa syukur kepada Allah,” ungkapnya.

Meskipun dalam masa pandemi seperti sekarang, Kelurahan Songgokerto tidak ingin menghilangkan acara kegiatan adat istiadat seperti ini. Akan tetapi, mensiasati serangkaian acara yang banyak, dipangkas dengan tanpa mengurangi maksud dan tujuan pelaksanaan bersih desa. (cw2/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *