Connect with us

Hukum & Kriminal

Enam ABK KM Riski Laut 01 dan KM Riski Laut 03 Berhasil Diselamatkan

Diterbitkan

||

Enam ABK KM Riski Laut 01 dan KM Riski Laut 03 Berhasil Diselamatkan

Saat berlayar alami kebocoran pada gearbox

Memontum Surabaya – Tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, berhasil menyelamatkan sebanyak enam orang ABK (Anak Buah Kapal) KM Riski Laut 01 dan KM Riski Laut 03, Jumat (18/12) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB.

Ke enam identitas dari ketiga ABK KM Riski Laut 01, yaitu Abdur Rahman (Nahkoda), Moh. Faisol (KKM), dan Agus Santoso (ABK). Sedangkan identitas ABK KM Riski Laut 03, yaitu Usman Ali Wafa (Nahkoda), Syamsul Arifin (KKM) dan Akrawi (ABK).

Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo selaku SAR Mission Coordinator (SMC), mengatakan bahwa keenam ABK KLM Riski Laut 01 dan KM Riski Laut 03 langsung dibawa menuju ke Pelabuhan Gresik.

Setibanya di Pelabuhan Gresik, mereka dibawa ke RSUD Ibnu Sina Gresik untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Seraya, dimintai keterangan oleh petugas.

Dalam upaya evakuasi ke enam ABK ini, Kantor SAR Surabaya mengerahkan satu tim operasi yang beranggotakan empat orang dengan menggunakan satu unit RIB (Rigit Inflatable Boat) atau kapal cepat.

“Alhamdulillah, upaya penyelamatan enam ABK ini berlangsung dengan cepat dan aman. Ini berkat informasi yang cepat diberikan kepada kami. Sehingga kami pun bisa segera memberikan respon upaya penyelamatan,” kata Hari.

Keberhasilan dalam penyelamatan para ABK KM Riski Laut 01 dan KM Riski Laut 03 ini, tambahnya, juga berkat kerjasama dari Syahbandar Probolinggo, Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, VTS Surabaya, SROP Surabaya dan Syahbandar Gresik.

Menurut penuturan ABK yang diselamatkan, kejadian yang mereka alami berawal ketika mereka berlayar dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju ke Pelabuhan Patimban, Jawa Barat, pada Kamis (17/12) sekitar pukul 21.30 WIB.

Saat melintas di sekitar perairan Karang Jamuang pada pukul 22.00 WIB, KLM Riski Laut 03 mengalami kebocoran dan kerusakan pada gearbox. Kondisi ini, menyebabkan 3 orang ABK KLM Riski Laut 03 pindah ke KLM Riski Laut 01 dan selanjutnya meminta bantuan evakuasi. (lib/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *