Connect with us

Pendidikan

JTK Polinema Tebar Kegiatan Minimalisir Penyebaran Covid-19

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Jurusan Teknik Kimia (JTK) Politeknik Negeri Malang (Polinema) terus melakukan berbagai upaya kegiatan yang dapat membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Kegiatan tersebut diantaranya, pembuatan hand sanitizer yang didistribusikan ke rumah sakit, puskesmas, terminal, pangkalan OJOL, pangkalan becak, masjid, pasar dan stasiun. Sejumlah kegiatan itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap pencegahan penularan virus Corona.

Melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), para dosen Jurusan Teknik Kimia memberikan pelatihan daring tentang pembuatan hand sanitizer, sabun padat, sabun cuci tangan cair kepada ibu-ibu PKK RT 1/RW 1 Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan.

Pada kegiatan itu, JTK juga memberikan bantuan berupa peralatan dan bahan baku kimia untuk membuat produk-produk tersebut.

Jurusan Teknik Kimia Polinema juga melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Yayasan Yatim Piatu Siti Fatimah Pandaan, Kabupaten Pasuruan dengan membuat produk-produk yang bermanfaat di saat pandemi yaitu hand sanitizer, sabun cuci tangan, sabun padat, yoghurt dan pupuk bokashi dan memberikan sumbangan hand sanitizer isi ulang sebanyak 10 L serta sabun cair.

Sementara itu, bekerjasama dengan Posyandu Disabilitas Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, JTK memberikan pelatihan pembuatan hand sanitizer, sabun cuci tangan, dan sabun pembersih lantai, sabun cuci piring, sabun transparan, hingga sampo mobil yang diselenggarakan di Balai Desa Bedali Lawang, Kabupaten Malang.

Selain memberikan pelatihan, Jurusan Teknik Kimia Polinema juga memberikan hibah berupa peralatan dan bahan baku kimia untuk membuat produk kesehatan serta timbangan analitik.

Tidak hanya itu, dosen JTK juga diundang oleh Kelurahan Bandulan untuk memberikan pelatihan pembuatan hand sanitizer dan disinfektan kepada 40 peserta dari perwakilan RW, Karang Taruna, Babinsa, Babinkamtibmas dan warga Kelurahan Bandulan di Balai Kelurahan Bandulan, Malang.

“Masyarakat antusias dengan adanya bantuan, pelatihan dan program PKM, bahkan JTK memperoleh sertifikat sebagai ucapan terima kasih dari Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan (RKZ) Malang atas partisipasi kita dalam upaya penanganan Pandemi Covid-19,” kata Ketua Jurusan Teknik Kimia, Dr. Ir. Eko Naryono, MT, Jumat (18/12).

Ditambahkan, selain kegiatan di luar Polinema, JTK juga menyiapkan kebutuhan disinfektan untuk penyemprotan di lingkungan Polinema dan hand sanitizer untuk kebutuhan unit-unit yang ada di kampus.

JTK merencanakan untuk tetap akan melaksanakan pelatihan dan pengabdian masyarakat untuk pembuatan disinfektan, hand sanitizer, sabun antiseptik padat dan cair di tahun mendatang. Diharapkan mahasiswa akan lebih banyak terlibat untuk melaksanakan bakti sosial.

“Mahasiswa selalu kami libatkan karena merupakan kewajiban kami untuk mendidik mereka agar bisa memberikan alternatif penyelesaian permasalahan yang riil di masyarakat. Ke depan, dengan sistem pembelajaran Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), pembelajaran semacam ini sangat diperlukan mahasiswa dan untuk penguatan soft skill mahasiswa,” tutupnya. (hms/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *