Connect with us

SEKITAR KITA

Jelang Nataru Harga Ayam Kampung Tembus Rp 70 Ribu Per Kilogram

Diterbitkan

||

Memontum ProbolinggoHarga sejumlah komoditi di Kota Probolinggo, menjelang Nataru (Natal dan Tahun Baru) mulai mengalami kenaikan.

Harga daging Ayam Kampung di sejumlah pasar tradisional misalkan, kini bergerak naik hingga Rp 70 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang di Pasar Baru, Fiki (45), menyebutkan harga daging Ayam Kampung dan telur ayam, mulai naik.

“Sejak beberapa hari terakhir, harga daging Ayam Kampung naiknya agak tinggi jika dibanding harga lainnya,” katanya, pada Minggu (20/12) tadi.

Dijelaskan, harga daging Ayam Kampung sebelumnya berada dikisaran angka Rp 65 ribu perkg. Sedangkan daging Ayam Ras, saat ini sekitar Rp 37 ribu per kg. Padahal, sebelumnya hanya sekitar Rp 35 ribu per kg.

“Naiknya harga daging ayam ini mengakibatkan pembeli turun hingga 50 persen,” tambahnya.

Ditanya penyebab kenaikan harga daging ayam, Fiki mengaku, tidak tahu pasti. “Penyebab kenaikan harga ayam ini belum diketahui, tapi hampir setiap akhir tahun mengalami kenaikan,” jelasnya.

Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo, terus memantau harga Sembako di sejumlah pasar yang menjadi rujukan warga. Pantauan itu, untuk memastikan kelancaran suplai kebutuhan pokok, agar harganya tetap stabil hingga memasuki Nataru mendatang.

“Dari pantauan tersebut, kita akan mengetahui kondisi harga sembako. Misalnya jika ada lonjakan harga beras, kita akan mengambil langkah untuk kerjasama dengan bulog. Yakni dengan menggelar operasi pasar, agar harga beras stabil kembali,” kata Kepala DKUPP, Fitriawati. (geo/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *