Connect with us

Pemerintahan

Tujuh Kecamatan di Probolinggo Bakal Disasar Rapid Tes Antigen Massal

Diterbitkan

||

Memontum Probolinggo – Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, menyiapkan rapid test antigen massal di tujuh kecamatan yang masuk dalam kategori zona merah kasus Covid-19.

“Rapid test antigen masal ini akan di mulai pada awal Januari 2021. Sasarannya mulai Kecamatan Paiton, Kraksaan, Pajarakan, Gending, Dringu, Sumberasih dan Kecamatan Leces. Setiap kecamatan, kami siapkan 1.000 rapid test antigen,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, dr. Dyah Kuncarawati, Sabtu (02/01).

Masih menurut Dyah, sasaran dari rapid test antigen ini, diantaranya pedagang pasar, petugas di tempat keramaian, petugas faskes dan perkantoran, riwayat mengikuti acara bersama (acara kerumunan), tempat perumahan padat serta kontak erat usia muda. “Petugas yang akan melaksanakan rapid test adalah dokter, perawat, bidan, petugas surveillance atau penyuluh, ATLM/ atau Laborat serta satgas kecamatan dan desa,” jelasnya.

Dyah menambahkan, bahwa rapid test antigen merupakan kebutuhan masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatannya dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19. “Pemerintah memfasilitasi 3T, masyarakat disiplin 3M-3K. Bersama-sama, Kabupaten Probolinggo pasti bisa,” paparnya.

Dyah menjelaskan, bahwa rapid test antigen masal ini, nantinya tidak hanya terpaku pada tujuh kecamatan zona merah di Kabupaten Probolinggo. Kecamatan lain yang risiko penularannya rendah, juga akan dilakukan rapid test antigen masal. Hanya saja, untuk kecamatan tersebut, Satgas hanya menyediakan 100 alat rapid test antigen.

“Karena itu, kedisiplinan bersama perlu terus ditingkatkan demi mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19. Terpenting, masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai kunci untuk menjaga diri dan mencegah penularan Covid-19,” terang Dyah. (kom/wan/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *