Connect with us

Kabupaten Malang

Dinkes Malang Siapkan 104 Titik Vaksinasi Covid-19, Satu Diantaranya Kantor Kesehatan Pelabuhan

Diterbitkan

||

Memontum Malang – Sejumlah persiapan tengah dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, dalam rencana menerima bantuan vaksin Covid-19. Untuk memudahkan proses vaksinasi kepada penerima, Dinkes mensiapkan sedikitnya 104 titik.

Sejumlah titik tersebut, diantaranya 52 lokasi fasilitas kesehatan (Faskes) dan satu kantor kesehatan pelabuhan (KKP) yang terletak di Lanud Abdurahman Saleh-Pakis. Termasuk, ada 12 rumah sakit (RS).

“Totalnya ada sekitar 104 lokasi, yang kesemuanya tersebar di wilayah Kabupaten Malang. Diantaranya, 52 Faskes, 12 rumah sakit dan 1 KKP di Lanud. Sementara 39 puskesmas di Kabupaten Malang, pun akan menjadi titik vaksinasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo, Selasa (05/01).

Terkait dengan kesiapan tenaga medis, dirinya menjelaskan, semua sudah siap. Hanya saja, memang perlu sedikit penambahan pelatihan.
Disinggung mengenai sasaran penerima vaksin Covid-19, Arbani menerangkan, sasaran utama adalah tenaga kesehatan (Nakes). Lalu, peserta BPJS, seperti TNI dan Polri hingga pada tingkatan petugas layanan publik.

“Pelaku usaha juga akan mendapatkan vaksin Covid-19,” imbuhnya.

Disinggung kesiapan lain, Arbani mengurai, Dinkes masih mempertimbangkan untuk lokasi penyimpanan vaksin. Selain dari segi keamanannya, juga pengaruh temperatur atau suhu. Sehingga, vaksin harus tetap terjaga.

“Untuk lokasi penyimpanan, tinggal menunggu koordinasi. Karena selain keamanan, juga memiliki suhu yang bagus untuk vaksin Covid-19,” paparnya. (sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *