Connect with us

Lumajang

Bentangan Danau Bersih nan Luas Serta Panorama Pegunungan Jadi Sajian Indah Ranu Pakis Lumajang

Diterbitkan

||

SEJUK DAMAI : Nampak salah satu pemandangan yang disajikan di Ranu Pakis, Lumajang.

Momentum Lumajang – Panorama dan alam objek wisata Ranu Pakis di Desa Ranupakis, Kecamatan Klakah, menjadi destinasi wisata yang tidak kalah menarik dibanding objek wisata di wilayah Kabupaten Malang. Pemandangan alam nan membentang luas dengan didukung keindahan alam sekitar yang elok, menjadi salah satu sajian yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Ranu Pakis. Terlebih, jika dilihat dari sisi sebelah atas Ranu Pakis.

Hamparan danau kecil yang berbentuk cekung, menjadi pemandangan yang cukup menarik. Selain udaranya yang sejuk dengan sekeliling pepohonan rindang dan back ground gunung tinggi menjulang, menambah indahnya suasana Ranu Pakis.

Sementara di sisi Barat Ranu Pakis, bisa dijumpai sungai kecil yang airnya sangat bersih. Sontak, membuat pesona wisata ini menjadi salah satu favorit wisatawan lokal.

Menurut warga setempat, Goto Wiyono (31), bahwa tingkat kunjungan wisatawan jika hari Minggu dan hari-hari libur nasional, biasanya lumayan tinggi. Termasuk, saat musim pandemi, meski pun untuk tingkat kunjungan mengalami penurunan.

“Pandemi Covid-19 berdampak terhadap wisatawan. Apalagi, sebelumnya seluruh objek wisata yang ada di Kabupaten Lumajang, diminta untuk tutup,” katanya.

Sayangnya, destinasi wisata yang sangat menarik ini, masih belum disiati warga sekitar dengan membuat home stay atau penginapan. Termasuk, pengembangan UMKM secara optimal. Padahal, cinderamata dan home stay, menjadi satu bagian untuk paket atau buah tangan wisata. (ryk/adi/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *