Connect with us

SEKITAR KITA

Terimbas PPKM, Roadshow Donor Darah PDDI Malang Sepi

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Dalam rangka membantu mensosialisasikan kegiatan donor darah kepada masyarakat, PDDI (Perhimpunan Donor Darah Indonesia) Kota Malang, menyelenggarakan Roadshow Donor Darah.

Dengan mengusung tagline ‘Donor Darah Sebagai Wujud Kepedulian Antar Sesama’, kegiatan ini berlangsung di Kantor Kecamatan Blimbing, Rabu (13/1) tadi.

Menurut rencana, kegiatan ini tidak hanya berlangsung di Kecamatan Blimbing. Melainkan, di empat kecamatan yang ada di Kota Malang.

“PDDI Kota Malang ingin mensosialisasikan kegiatan donor darah di masyarakat khususnya masing-masing kecamatan yang nantinya akan kami datangi. Selain itu, ini juga dalam rangka membantu PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Malang mengamankan stok darah,” ujar Sekretaris II PDDI Kota Malang, Puryadi.

Ditambahkan, di masa pandemi ini stok darah di PMI menipis, pendonor darah berkurang namun permintaan tetap.

Oleh karena itu PDDI hadir sebagai mitra PMI dalam menjalankan tugasnya. “Untuk pelaksanaan teknis pengambilan darah kerjasama dengan PMI. PDDI sendiri hanya sebagai mitra PMI yang tugasnya mensosialisasikan donor darah ke masyarakat dan penyelenggara daripada kegiatan donor darah,” papar Puryadi.

Berkaitan dengan kegiatan ini, dirinya mengatakan PDDI selain bekerjasama dengan PMI, juga menggandeng camat di masing-masing kecamatan.

“Kita minta bantuan pak camat dan PMI masing-masing kecamatan untuk memberikan surat edaran ke instansi di sekitar wilayah kecamatan. Supaya mereka juga turut berpartisipasi ikut kegiatan ini,” ungkapnya.

Namun sayang, roadshow yang menitik Kecamatan Blimbing menjadi lokasi pertama itu, masih belum mencapai target.

“Awalnya kami punya target bisa mendapatkan 100 kantong darah, namun sayang hingga pukul 11.00 ini hanya sekitar 15 kantong darah. Ini faktor PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) juga menurut saya, karena beberapa kantor yang kami ajak berpartisipasi, 75 persen karyawan WFH (Work From Home),” tambahnya.

Meski begitu, pihaknya akan tetap mengadakan Roadshow. Bahkan setelah pelaksanaan di titik pertama ini, PDDI Kota Malang akan melakukan evaluasi dan kajian apakah perlu penundaan di Roadshow titik kedua nanti, yaitu Kecamatan Lowokwaru.

“Kita mengantisipasi hal seperti ini, sepi peminat. Kita belajar dari yang pertama, jadi karena masa PPKM kondisinya seperti ini, dari pada tidak maksimal, karena keterbatasan,” ujarnya.

Roadshow Donor Darah rencananya akan diselenggarakan tiap hari Rabu di 5 kecamatan berbeda. Kecamatan Blimbing tanggal 13 Januari 2021, dilanjut Kecamatan Lowokwaru pada 21 Januari 2021.

Kemudian di Kecamatan Klojen tanggal 27 Januari 2021, 3 Februari 2021 berlokasi di Kecamatan Sukun. Dan yang terakhir di Kecamatan Kedungkandang, 10 Februari 2021.

Pelaksanaan di Kecamatan Blimbing sendiri melibatkan 15 anggota relawan PDDI dan dari PMI sebagai petugas pelaksana teknis pengambilan darah sebanyak 8 orang. (cw1/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *