Connect with us

Kota Malang

SDN 6 Bunulrejo Menuju CSAP, Siapkan Taman Belajar Buah-Buahan

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – SDN 6 Bunulrejo melaunching Taman Belajar Buah-buahan, hasil kolaborasi dengan Kampung KB Bunulrejo, kecamatan Blimbing. Kegiatan yang berlangsung Jumat (15/01) pagi ini juga  menjadi sokongan pendukung SDN 6 Bunulrejo dalam mengikuti CSAP (Calon Sekolah Adiwiyata Propinsi). Pasalnya dalam CSAP, terdapat poin pelestarian ramah lingkungan hidup.

Kepala Sekolah SDN 6 Bunulrejo, Lilik Parawati, M.Pd. mengatakan, taman edukasi ini turut mendukung kesiapan sekolah dalam mengikuti CSAP. “Adanya Taman Belajar Buah-buahan ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk media inovasi dalam pembelajaran. Selain itu, juga memperkuat persiapan kami dalam mengikuti CSAP,” jelasnya.

Diakuinya, lokasi belakang sekolah yang berukuran 400 meter persegi akan ditanami 50 pohon lebih. “Ini masih seremonial saja, kita tanam 4, karena keterbatasan kondisi mengingat sedang pandemi. Bertahap akan kami tanam di lokasi belakang sekolah, ada sekitar 50 pohon lebih,” tuturnya.

Buah-buahan yang ditanam pun beragam, mulai dari yang sering ditemui, hingga yang lumayan langka, seperti Matoa. Beragam tanaman yang ada di SDN 6 Bunulrejo ini pun juga menjadi keunggulan sehingga sekolah ini maju adiwiyata. “Produk lokal kami banyak, jadi nangka kami olah menjadi cake. Ada blimbing wuluh kami buat sirup untuk imun selama masa pandemi. Ada juga toga, seperti kencur, jahe, sereh, dan masih banyak lagi,” tandasnya.

Wanita yang akrab disapa Lilik itu berharap dengan kolaborasi yang menghasilkan Taman Belajar Buah-buahan ini mampu menjadi sarana kreatif mengajar bagi murid-muridnya.

Disamping itu, ketua Kampung KB Bunulrejo, Andri Wiwanto, menjelaskan bagaiaman inisiasi ini bisa tercetus. “Pada dasarnya kami ini ingin mengembangkan potensi wilayah, setiap lokasi di kelurahan Bunulrejo ini punya ciri khas. Tidak terkecuali dengan sekolah-sekolah yang ada disini,” jawabnya.

Bahkan sejauh ini sudah ada 2 sekolah yang bekerja sama dengan pihak Kampung KB Bunulrejo untuk mengembangkan potensi sekolahnya. Sebelum SDN 6 Bunulrejo, Kampung KB Bunulrejo telah menggaet SDN 3 Bunulrejo untuk menciptakan Hutan Kampung Edukasi. ”Konsepnya ya bagaimana SD bisa berkolaborasi dengan lingkungan, potensi dan kreatifitas kami gali. Sementara masih baru 2, kedepannya kami targetnya semua sekolah di Bunulrejo kami ajak berkolaborasi menggali potensi ciri khas mereka masing-masing,” paparnya. (Cw1/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version