Connect with us

Pendidikan

Tingkatkan Minat Baca, Dispussipda MoU Kelurahan Guna Pinjam Buku Via Kelurahan

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Demi tingkatkan minat baca, Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah (Dispussipda) Kota Malang mencanangkan berbagai program di tahun 2021.

Selain berinovasi dengan drive-thru, Dispussipda juga mengagendakan MoU (Memorandum of Understanding) dengan beberapa kelurahan di Kota Malang.

Kepala Dispussipda, Suwarjana, mengatakan bahwa terobosan tersebut dirancang untuk merangsang minat baca masyarakat.
“Demi meningkatkan minat baca masyarakat Kota Malang otomatis kami jemput bola. Kami menyasar hingga ke Kelurahan,” terang Suwarjana, Jumat (15/01) tadi.

Kedepannya, koleksi buku dan beberapa rak yang tidak terpakai di Perpustakaan Umum Kota Malang akan dipinjam pakaikan ke beberapa kelurahan.

“Harapannya tiap kelurahan punya sudut baca. Jadi ada petugasnya, lalu kami siapkan rak dan buku juga. Jadi kalau pinjam buku juga bisa di kelurahan,” tandasnya.

Bahkan tidak hanya satu atau dua buku saja, disampaikan Suwarjana, pihaknya bisa meminjamkan hingga ratusan buku.

“Nanti mekanismenya, putar ganti, misal dalam sebulan di Kelurahan Kebonsari, bulan berikutnya ganti di kelurahan lain,” jelasnya.

Dengan begitu diharapkan buku-buku tersebut bisa bermanfaat di masyarakat. Saat ini, baru Kelurahan Sukun yang sudah bekerjasama dan mengambil buku Perpustakaan Umum Kota Malang untuk ditaruh di lingkungan Kelurahan Sukun. “Buku-buku itu ya ditaruh di kantor kelurahan,” ujar Suwarjana.

Disisi lain, akhir tahun 2020 lalu Dispussipda telah mengumpulkan beberapa orang yang mengelola TBM (Taman Baca Masyarakat).

Dalam pertemuan itu, Suwarjana memberi pengertian, jika TBM kesulitan mendapat buku, dipersilahkan untuk meminjam di Perpustakaan Umum.

“Nanti akan kami antarkan, kami ambil juga. Makanya armada otomatis kami tingkatkan demi pelayanan keliling Kota Malang, dan fasilitas ini gratis untuk masyarakat,” tutupnya. (cw1/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *