Connect with us

SEKITAR KITA

Muspika Sumberasih Lakukan Swab Onside di Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo

Diterbitkan

||

Memontum Probolinggo – Giat Operasi Yustisi dalam rangka pendisipilan masyarakat terhadap kepatuhan protokol kesehatan (Prokes) kembali dilaksanakan oleh Muspika Sumberasih bersama TNI, Polri dan Pol PP juga KSOP Klas IV Probolinggo, Sabtu (16/01) siang.

Warga Kabupaten Probolinggo, khususnya warga Pulau Gili Ketapang, yang kedapatan melanggar Prokes di area public atau tempat keramaian lainnya, kini mendapatkan sanksi baru. Mereka langsung di Swab di tempat oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kabupaten Probolinggo.

Hal ini terpantau saat operasi yustisi gabungan oleh Satpol PP, TNI, Polri, dan DKK serta KSOP Klas IV Probolinggo di Dermaga Perahu Penumpang Gili Ketapang Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo Kecamatan Mayangan.

Dalam operasi ini petugas langsung menyisir dan memeriksa penumpang saat turun dari kapal. Puluhan warga terjaring karena tidak patuh Prokes. Selanjutnya, mereka dibawa petugas menuju titik pengambilan spesimen Swab.

Dengan Swab metode rapid antigen ini, hasil dapat diketahui dengan cepat. Tak sampai satu jam, hasil langsung keluar dan semuanya dinyatakan nonreaktif.

Camat Sumberasih, Wiwit, mengatakan sanksi berupa Swab di tempat ini memang diberlakukan sekarang. Hal ini telah dikoordinasikan bersama para institusi penegak hukum di Wilayah Kabupaten Probolinggo. Razia serupa juga akan terus digencarkan.

”Kami menyebutnya Swab onside. Jadi siapapun yang tidak patuh protokol kesehatan seerti tidak memakai masker langsung kami Swab,” ujarnya.

Sebelumnya, razia dengan Swab di tempat merupakan peningkatan upaya satgas dalam menekan angka kasus Covid-19. Harapannya, masyarakat akan lebih jera dibandingkan dengan razia masker yang tidak dibarengi dengan Swab di tempat,” imbuhnya

Sementara itu, Petugas Status Hukum dan sertifikasi Kapal Kantor KSOP Klas IV Probolinggo, Herman, mengatakan hingga saat ini wilayah Pelabuhan Tanjung Tembaga bisa dikatakan aman dari sebaran Covid-19.

Petugas KSOP selalu melakukan himbauan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat nelayan maupun umum yang mau masuk pelabuhan.

“Selain itu di wilayah pelabuhan selalu ditempatkan tempat cuci tangan hingga alat untuk mengukur suhu tubuh. Ayo kita sama sama perangi Covid-19 melalui disiplin prokes dengan menjalankan 4M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak serta Menjauhi Kerumunan),” terang Herman. (geo/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *