Connect with us

SEKITAR KITA

Semeru Keluarkan Awan Panas Hingga Jarak Luncur 4,5 Kilometer

Diterbitkan

||

Memontum Malang – Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, kembali mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada Sabtu (16/01) sekitar 17.24. Dalam kejadian kali ini, luncuran awan panas yang dibawa gunung tersebut, lebih jauh dibandingkan saat terjadi lava pijar, pada beberapa waktu lalu.

Jika saat lava pijar, abu panas hanya berkisar diangka 3 kilometer. Sementara pada kejadian Sabtu petang ini, awan panas hingga mencapai 4,5 kilometer. Sementara lokasi yang disasar, sesuai jalur kawah Gunung Semeru atau ke Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro dan Desa Curah Koboan, Kecamatan Pronojiwo.

“Sore ini, jam 17.24 Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas,” kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dalam cuitan di Medsos akun Twitter-nya.


Dari laporan sementara, terlihat asap meluncur ke arah tenggara. Sementara itu, masyarakat yang bermukim di sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan dan sekitarnya, diminta agar waspada dalam menghadapi potensi bencana yang dapat ditimbulkan.

Dalam hal ini, khususnya masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan agar tetap waspada. Apalagi, musim penghujan yang setiap saat bisa mengakibatkan lahar dingin.

Terkait kejadian Petang ini, pun juga membuat masyarakat Kabupaten Malang, ekstra waspada. Termasuk, untuk wilayah Kecamatan Tirtoyudo dan Kecamatan Ampelgading.

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pos lapangan yang selama ini distandbykan, masih tetap melakukan pemantauan. Sementara, karena abu panas mengarah ke Tenggara, atau sesuai jalur kawah, maka tidak terlalu berdampak ke Kabupaten Malang. Bahkan, teman-teman tetap standby sambil melakukan pemantauan,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setiyono. (sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *