Connect with us

Lumajang

Awan Panas Semeru Tak Membuat Masyarakat Mengungsi, Bupati Tetap Minta Berjaga

Diterbitkan

||

Memontum Lumajang – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, mengimbau agar masyarakat tetap tenang mensikapi aktifitas Gunung Semeru yang kembali mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) pada Sabtu (16/01) pukul 17.24. Dalam pantauan Minggu pagi ini, kondisi terkini Gunung Semeru oleh pos pantau, dinyatakan aman.


“Meski mengeluarkan awan, namun kondisi tidak mengkhawatirkan. Ini merupakan aktifitas rutin Semeru,” kata Bupati saat dimintai keterangan di Pendopo Arya Wiraraja.

Berdasarkan pengamatan di Pos Pantau di Gunung Sawur, Minggu pagi ini kondisi Gunung Semeru kembali normal dengan status Level II (Waspada). Meski dinyatakan kembali normal, Bupati menyampaikan bahwa TNI-Polri beserta BPBD Kabupaten Lumajang, tetap standby di lokasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat sekitar.

“BPBD tetap standby, dilaporkan bahwa masyarakat juga tidak ada yang mengungsi atau mengevakuasi diri. Tetapi, masyarakat tetap berjaga sebagai langkah antisipasi,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, bahwa dampak dari Awan Panas Guguran Gunung Semeru sejumlah daerah dilaporkan mengalami hujan abu vulkanik. “Hujan abu dilaporkan terjadi di Kecamatan Senduro dan Pasrujambe dan ada yang memberi laporan ke saya di Probolinggo juga sempat terjadi hujan abu,” ungkapnya. (kom/adi/ryk/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *