Connect with us

Politik

Pertanyakan Jadwal Pilkades Serentak, Kades se-Bondowoso Temui DPRD

Diterbitkan

||

Komisi IV DPRD Kabupaten Bondowoso saat menemui perwakilan Kades se-Kabupaten Bondowoso.

Memontum Bondowoso – Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bondowoso mendatangi Komisi IV DPRD Kabupaten Bondowoso, Senin (18/01) tadi.

Kedatangan sejumlah Kades yang diwakilkan kepada tujuh orang itu, langsung ditemui oleh Ketua Komisi IV Adi Kriesna, beserta anggota di Gedung DPRD Kabupaten Bondowoso.

Ketua Koordinator, Sahrul, yang juga Kades Paku Wesi, Kecamatan Curahdami, mengatakan bahwa pihaknya meminta DPRD Kabupaten Bondowoso, untuk mendesak pemerintah Kabupaten Bondowoso, segera menyusun jadwal Pilkades serentak tahun 2021.

Karena, sampai saat ini belum ada kejelasan menjelang berakhirnya masa jabatan 151 Kepala Desa di Kabupaten Bondowoso, yang akan berakhir di bulan Juni. Sementara 20 desa, akan berakhir di bulan Desember tahun 2021.

“Sampai saat ini pemerintah Kabupaten Bondowoso belum ada kejelasan dan belum menyusun jadwal kapan Pilkades serentak tahun 2021. Kami berharap, tahapan Pilkades segera disusun,” ujar Sahrul.

Kepala Desa Bukor, Mathari, seusai ditemui Komisi IV, menyampaikan sampai saat ini BPD belum bersurat pada pihaknya.

“Sejumlah 151 Kepala Desa di Kabupaten Bondowoso masa jabatannya akan berakhir di bulan Juni. Menurut amanah UU nomor 6 tahun 2014, BPD 6 bulan menjelang berakhirnya masa jabatan kepala desa sudah melakukan pemberitahuan. Namun, sampai saat ini BPD belum melakukan tahapan itu,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bondowoso, Adi Kriesna, kepada wartawan menyampaikan bahwa keinginan yang disampaikan Kades akan disampaikan kepada pemerintah Kabupaten Bondowoso.

“Apa yang disampaikan perwakilan Kades tadi, akan disampaikan kepada pemerintah daerah Kabupaten Bondowoso dan untuk selanjutnya segera disusun jadwal Pilkades serentak tahun 2021,” ujar Adi Kreisna

Adi Kriesna juga menambahkan, bahwa benar pihaknya sudah menyampaikan kepada pemerintah Kabupaten Bondowoso. Bahwa bulan Desember 2020 lalu, sudah ditentukan jadwal Pilkades serentak 2021.

“Tahun 2020 kemaren, Komisi IV sudah pernah menyampaikan bahwa bulan desember sudah ditentukan jadwal tahapan,” ujar Adi Kriesna. (dul/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *