Connect with us

Probolinggo

Antisipasi Banjir BPBD Kota Probolinggo Siapkan Resapan

Diterbitkan

||

Memonrum Probolinggo – Beberapa hari terakhir, hujan turun dengan intensitas cukup tinggi terjadi di Kota Probolinggo. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau masyarakat agar waspada di musim hujan.

Menurut  Kalaksa BPBD Kota Probolinggo,Sugito Prasetya mengatakan, Tim Reaksi Cepat (TRC) nya terjun langsung melihat kondisi titik-titik lokasi rawan banjir..

“Beberapa anggota TRC memantau langsung kondisi air sungai yang ada disetiap  Kecamatan,” katanya, Jum,at (22/01).

Sugito mengatakan, memang terjadi kenaikan debit air di aliran sungai dikarenakan diguyuran hujan, namun untuk kondisi saat ini masih dalam keadaan aman.

“Anggota kita selalu memantau dan siaga untuk kondisi di lapangan, terlebih hujan kerap terjadi. Ini bentuk kesiagaan dalam menghadapi musim yang masih ektream,” ungkapnya.

Sebelumnya, menurut Sugito, kami sudah melakukan pembuatan sumur resapan di beberaa titik yang ada di setiap wilayah Kecamatan dalam rangka antisipasi genangan air hujan saat terjadi

“Menghadapi bencana di tahun 2020 BPBD telah melakukan berbagai persiapan, di antaranya melaksanakan sosialisasi kebencanaan bersama pemangku kepentingan yang terkait.Kemudian juga telah melaksanakan apel kebencanaan bersama TNI-Polri dan instansi lainnya, serta menyebar sejumlah spanduk imbauan kepada masyarakat untuk waspada bencana. Prediksi kebencanaan di tahun 2021 ini Kota Probolinggo akan menghadapi musim hujan yang masih berlangsung beberapa bulan ke depan, kami mengharapkan kerja sama kepada masyarakat, salah satunya menjaga lingkungan seperti jangan membuang sampah sembarangan, dan kita berharap kebencanaan di 2021 dapat diantisipasi sedini mungkin,” pungkasnya.(geo/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *