Connect with us

KREATIF MASYARAKAT

Kambing Senduro Lumajang Hasil Kawin Silang Kambing India

Diterbitkan

||

Memontum LumajangKecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, tidak hanya dikenal sebagai wilayah penghasil susu sapi. Namun, juga sebagai wilayah yang juga menghasilkan susu kambing. Bahkan, hampir seluruh peternak kambing di Senduro, memproduksi Susu Kambing Senduro.

Hanya saja, keberadaan Kambing Senduro sendiri, sedikit masyarakat yang tahu jika kambing itu merupakan keturunan Kambing India.

Menurut salah satu Inseminator Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Vidor Prayuasmi, mengatakan bahwa dirinya pernah mendapat cerita langsung dari peternak Kambing Senduro, bahwa kambing ini adalah hasil perkawinan silang.

Yakni, antara Kambing Etawa yang barasal dari Jamnapari atau sebuah daerah di Negara India dengan kambing lokal Senduro.

“Saya pernah mendapatkan cerita, dari orang-orang sana, bahwa dahulu pada masa Zaman Belanda, Presiden RI membawa dua Kambing Etawa dari India. Kemudian, ditaruh di Senduro dan Gucilait. Yang di Senduro, ini dikawinkan dengan kambing lokal Senduro,” terangnya.

Setelah beberapa tahun, bibit kambing tersebut berkembang banyak hingga saat ini. Kemudian, melalui Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 1055/Kpts/SR.120/10/2014 Tentang Penetapan Galur Kambing Senduro.

Kambing Senduro ditetapkan sebagai kekayaan sumber genetik ternak lokal Indonesia. Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Lumajang melului Keputusan Bupati Lumajang Nomor 188.45/176/427.12/2015 juga menetapkan Kecamatan Senduro dan Kecamatan Pasrujambe sebagai wilayah sumber bibit Kambing Senduro di Kabupaten Lumajang.

Ada beberapa ciri khusus yang dimiliki Kambing Senduro. Beberapa di antaranya, memiliki warna putih, muka cembung dan telinga panjang menggantung ke bawah. (kom/ryk/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *