Connect with us

SEKITAR KITA

3 Ribu Vaksin Sinovac Tiba, Situbondo Rabu Langsung Vaksinasi

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – 3 ribu vial vaksin Sinovac, tiba Senin (25/01) malam, sekitar pukul 23.00. Dengan pengawalan ketat aparat kepolisian dari Brimob Polda Jatim, vaksin langsung ditempatkan di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, H. Imam Hidayat S. Kep., M. Kes. Ners, mengatakan ini adalah tahap pertama pendistribusian vaksin dari Pemerintah Provinsi Jatim.
Imam Hidayat menambahkan, vaksin Covid-19 akan disimpan di tempat khusus sesuai juknis SOP atau Standar Operasional Prosedur. Selain itu, vaksin harus disimpan pada suhu antara 2 sampai 8 derajat selsius.

Berkaitan dengan vaksinator yang akan bertugas memvaksin, imam menjelaskan, akan ada penambahan. Tiap puskesmas ada 2 nakes yang sudah mengikuti pelatihan. Hari ini sampai 5 hari ke depan masing-masing puskesmas ada tambahan 3 vaksinator yang menjalani pelatihan,” tambahnya.
Tidak hanya itu, Rumah Sakit Umum Daerah Abdur Rahem (RSAR) sudah melatih 10 Nakes untuk menjadi vaksinator. “Berikutnya, kami akan melakukan on job training untuk Nakes yang belum ikut pelatihan,” ujarnya.

Masih menurut Imam, sesuai pengajuan semula, pencanangan vaksin akan dilakukan Rabu (27/01) ini. Selanjutnya, vaksin akan dilanjutkan kepada petugas kesehatan (Nakes) Vaksin akan dilakukan di setiap fasilitas pelayan kesehatan (Fasyankes) seperti rumah sakit dan Puskesmas.
“Untuk pencanangan akan dilakukan untuk 10 orang termasuk Plt Bupati, Kapolres dan Dandim pada hari Rabu, (27/01),” ujarnya.

Jumlah sasaran tahap pertama vaksinasi Covid-19 yaitu tenaga kesehatan sebanyak 2.799 orang dan pelayan publik tercatat 19.603 orang, Selain itu jumlah keseluruhan yang diusulkan mendapatkan vaksin Covid-19 sebanyak 403.346 orang. (her/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *