Connect with us

Hukum & Kriminal

Antisipasi Gunung Raung, Kapolres Bondowoso Siapkan Jalur dan Tempat Evakuasi

Diterbitkan

||

Antisipasi Gunung Raung, Kapolres Bondowoso Siapkan Jalur dan Tempat Evakuasi

Memontum Bondowoso – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi, dari normal atau Level I menjadi waspada Level II.

Menanggapi peningkatan dan antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolres Bondowoso, AKBP Erick Frendriz, pun melakukan peninjauan lokasi, Selasa (26/01) tadi.

Maklum, berkaca pada kejadian yang sudah-sudah, Gunung Raung juga bisa membawa dampak ke beberapa wilayah di Kabupaten Bondowoso. Utamanya, seperti kawasan Kecamatan Sumber Wringin, Bondowoso.

Kondisi itulah, yang menjadi dasar peninjauan orang nomor satu di Polres Bondowoso. Termasuk, dalam menentukan jalur dan tempat evakuasi bagi warga, jika kemungkinan terburuk terjadi.

“Tadi kita melakukan peninjauan. Sepertinya, ada tiga dusun di dua desa yang kemungkinan terdampak. Mengingat, keberadaan dusun atau desa, sangat dekat dengan Gunung Raung,” kata Kapolres.

Masih menurut pria dengan dua Melati di pundak itu, tiga dusun yang dimaksudkan, yakni Dusun Sipanas dan Dusun Tol Tol di Desa Rejoagung. Lalu, Dusun Sumber Legan di Desa Sumber Wringin, Kecamatan Sumber Wringin.

Masih menurut Kapolres, tadi sudah dilakukan pendataan terhadap warga. Termasuk, hingga pada jumlah ternak, jumlah pemukiman, fasilitas umum yang ada. Bahkan, jarak ke puncak Raung (Gunung, red), berapa juga sudah dilakukan pendataan.

“Tujuannya untuk mempermudah proses evakuasi,” terang Kapolres Erick saat bersama Sekretaris Kecamatan Sumber Wringin, Dwi Purnomo.

Ditambahkan, bahwa rencananya lokasi evakuasi warga terdampak, akan ditempatkan di empat titik. Yakni, Simpang 3 Plampang, Balai Desa Sukorejo, SMP Negeri 2 Wringin dan Balai Desa Rejoagung.

Pihaknya, juga mempersiapkan sarana prasarana serta kesiapan petugas TNI, Polri, Kecamatan, BPBD dan tenaga kesehatan.

“Semuanya harus sudah disiapkan untuk mengantisipasi, apabila sewaktu-waktu terjadi erupsi Gunung Api Raung,” ungkapnya. (dul/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *