Connect with us

Kota Batu

Delapan Perpustakaan Sekolah di Kota Batu Terakreditasi A dan B

Diterbitkan

||

Memontum Kota Batu – Delapan Perpustakaan Sekolah di Kota Batu, mendapatkan akreditasi perpustakaan dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional.

“Alhamdulillah, ada delapan sekolah mendapatkan akreditasi perpustakaan, sertifikatnya akan kita kirim bulan Februari 2021 nanti,” ujar Kepala Bidang Perpustakaan Disperpusip Kota Batu, Retno Probowati, Sabtu (30/01) tadi.

Delapan perpustakaan sekolah tersebut, diantaranya ada tiga sekolah yang mendapatkan nilai A. Yakni, SDN Junrejo 01, MTS Negeri dan MAN Batu. Lima sekolah lainnya, mendapatkan nilai B antara lain SDN Oro-Oro Ombo 02, SDN Sisir 03, SDN Tulungrejo 04, SMPN Negeri 02 dan SMPN Negeri 03.

Dalam mengukur penilaian standar perpustakaan, Retno mengatakan, jika ada enam komponen diantaranya seperti jumlah koleksi buku minimal lebih dari 1.000 item dengan mencukupi kebutuhan siswanya.

Baca Juga : Sikapi Zona Kuning, Disdik Batu Siapkan PTM Paska PPKM

“Lalu ketersediaan sarana dan prasarana seperti komputer untuk melihat katalog yang ada, tenaga SDM nya (Sumber Daya Manusia), pelayanan dan pengelolaannya,” katanya.

Penilaian yang lainnya terkait administrasi jalannya perpustakaan sekolah. Misalnya pendataan sirkulasi peminjaman buku, adanya buku daftar kunjungan.

Retno mengatakan capaian tersebut merupakan terobosan yang baik. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya hanya tiga sekolah yang terakreditasi. pada tahun 2019 lalu, yang mendapatkan nilai B yaitu SDN Punten 02, SMPN 01 Batu, dan SMAN 01 Batu.

Baca Juga : Desa Pendem Kota Batu Dijadikan Wisata Lumbung Bumi

Selama ini pihaknya untuk mensosialisasikan terkait penilaian standar perpustakaan dengan mendatangi door to door setiap sekolah.

Sedangkan Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Mekar Setyaningsih, mengatakan kedelapan sekolah tersebut sudah memiliki inovasi tersendiri sehingga menjadi icon.

Seperti di MAN Batu memiliki kegiatan literasi untuk menggerakan masyarakat (Germas). Seperti kegiatan pelatihan kepenulisan sehingga menstimulan siswa untuk berkarya.

“Lalu di SDN 04 Tulungrejo terdapat icon pembudidayaan Hortensia atau Bunga Menur. Perpustakaannya menyediakan buku-buku tentang tanaman bunga sehingga membantu siswanya mengenal dan memahami lingkungannya,” ujarnya. (cw2/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *