Connect with us

Kabar Desa

Empat Dusun di Wonosalam Jombang Terancam Krisis Air Bersih Akibat Banjir

Diterbitkan

||

Empat Dusun di Wonosalam Jombang Terancam Krisis Air Bersih Akibat Banjir
Dampak banjir menyebabkan rusaknya saluran pipa air sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih.

Memontum Jombang – Intensitas hujan tinggi selama 3 hari terakhir di Kabupaten Jombang, menimbulkan bencana banjir di beberapa wilayah di Jombang. Salah satu wilayah terdampak adalah Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Kepala Desa Jarak, Agus Darminto, saat dikonfirmasi mengatakan terkait banjir di desanya terjadi sekitar pukul 17.30. Beruntungnya, dalam kejadian itu hanya mengakibatkan kerugian matrial dan infrastruktur. “Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Hanya kerugian material infrastruktur dan fasilitas umum,” ujarnya.

Baca Juga: Dua Dusun di Desa Selorejo Jombang Alami Kerusakan Akibat Banjir

Agus Darminto menambahkan, fasilitas umum yang mengalami kerusakan adalah pipanisasi yang menghubungkan empat dusun. Diantaranya, Dusun Jarak Krajan, Dusun Jarak Tegal, Dusun Sungkul dan Dusun sarangan.

“Tidak hanya itu, tembok penahan jalan yang menghubungkan dua dusun antara Dusun Jarak Kebon dan Dusun Tegalrejo sepanjang 30 meter dengan ketinggian 30 meter, ikut rusak serta pondasi di tiga jembatan utama Desa Jarak tergerus oleh banjir. Sehingga, menyebabkan jembatan-jembatan tersebut dalam posisi menggantung,” terangnya.

Terkait kejadian itu, Desa Jarak berharap kepada semua pihak, terutama Pemerintah Kabupaten Jombang, agar bisa menindak lanjuti itu. Sehingga, kebutuhan air bersih masyarakat Desa Jarak, bisa tercukupi.

“Saya juga meminta, kepada semua warga Desa Jarak, agar tetap waspada dalam menghadapi musim penghujan tahun ini,” paparnya. (azl/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *