Connect with us

SEKITAR KITA

Awas Jalur Pujon Malang…Tiga Hari Beruntun, Lima Kali Longsor

Diterbitkan

||

Memontum Malang – Terhitung sejak Selasa (02/02) malam, jalur perbatasan Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang menuju ke Jombang dan Kediri, acapkali terjadi longsor. Tingginya intensitas hujan dan kawasan perbukitan, menjadi salah satu alasan.

Kapolsek Pujon, AKP Supriyanto, menjelaskan bahwa kejadian longsor sepanjang tiga hari ini telah terjadi selama lima kali. Dua kali di titik Dusun Ngeprih, Dusun Lebaksari, wilayah Kecamatan Pujon.

“Adapun longsor susulan baru, adalah di Dusun Ngeprih dan di Desa Kedungrejo-Pujon,” ujarnya, Jumat (05/02) tadi.

Baca Juga: Jalur Poros Batu Menuju Kediri dan Jombang Kembali Terjadi Longsor

Kondisi cukup ekstrim menjelang sore hari, atau acapkali diguyur hujan, tambahnya, membuat jalur menjadi rawan. Apalagi, kontur wilayah tanah Kecamatan Pujon, adalah berbukit atau perbukitan.

“Terutama di sisi jalan utama, yang bertebing dan jurang yang curam. Sehingga, dimungkinkan akan terjadi longsor susulan,” paparnya.

Selama tiga hari terakhir, ujarnya, ada satu korban di titik longsor Kedungrejo. Di mana, musibah berlangsung saat korban melintasi jalur utama Pujon ke Jombang atau Kediri, terkena matrial longsor.

“Beruntung, warga langsung mengevakuasi korban. Sehingga, langsung diberikan pertolongan,” terangnya.

Untuk mengantisipasi kejadian dan kemacetan, Kapolsek Pujon menjelaskan, jajaran kepolisian Polres Kota Batu, akan koordinasi dengan wilayah Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri atau Polsek Kandangan, agar dilakukan penutupan jalur. Sehingga, masyarakat yang berkendaraan di jalur utama, tidak sampai terjebak pada lokasi longsoran. (bir/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *