Connect with us

Lumajang

Puluhan Rumah di Darungan Lumajang Terendam Banjir

Diterbitkan

||

Memontum Lumajang – Intensitas hujan tinggi di beberapa daerah di Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, mengakibatkan banjir. Titik terparah, teridentifikasi terjadi di wilayah Desa Darungan.

Dari informasi yang diperoleh Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Lumajang, banjir terjadi akibat meluapnya aliran sungai yang tidak mampu menampung tingginya curah hujan. Genangan air diperkirakan mencapai 40-80 cm di atas permukaan tanah.

“Tim BPBD Kabupaten Lumajang, hari ini (Jumat, red) sudah melakukan pengecekan lokasi di Dusun Krajan, Desa Darungan. Banjir disebabkan hujan intensitas ringan dan terkadang deras mulai kemarin,” jelas Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Jum’at (05/02) tadi.

Akibat kejadian itu, beberapa rumah di wilayah Darungan, tergenang air hingga 20 cm. Diperkirakan, ada 40 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya tergenang air hingga setinggi lutut orang dewasa. Tidak hanya rumah, hewan ternak dan puluhan hektare sawah yang ditanami padi, jagung, kacang, tomat dan lombok turut terkena dampak banjir tersebut.

Baca Juga : Kunjungi Lumajang Malam Hari, Mensos Risma Salurkan Bantuan Warga Terdampak Semeru

“Saat ini, Tim BPBD Kabupaten Lumajang masih melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa dan aparat setempat serta melakukan pendataan terkait kerugian dan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan Wawan, lokasi tersebut memang sudah menjadi langganan banjir saat itensitas hujan tinggi. Meski pun sudah ada saluran air yang mengarah ke muara laut selatan, namun belum mampu mengatasi curah hujan tinggi. (kom/ryk/adi/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *