Connect with us

SEKITAR KITA

Selama PPKM Mikro, Pemkot Malang Upayakan Bantuan Hibah Rp 500 ribu Per RT

Diterbitkan

||

Selama PPKM Mikro, Pemkot Malang Upayakan Bantuan Hibah Rp 500 ribu Per RT

Memontum Kota Malang – Seiring dengan diterapkannya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Kota Malang, pada tanggal 9 sampai 22 Februari 2021, Wali Kota Malang, Sutiaji, berencana memberikan bantuan dalam bentuk hibah. Bantuan tersebut menyasar tiap RT di Kota Malang dalam rangka penanganan Covid-19.

“Sudah saya sampaikan pada Pemprov (Pemerintah Provinsi), karena tercantum di Inmendagri (Instruksi Menteri Dalam Negeri) Nomor 3 Tahun 2021, kalimatnya dana desa bagi desa, kelurahan diserahkan pada APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah). Boleh tidak kita berikan, nah ini sifatnya bukan insentif tapi dana hibah pada masyarakat dalam rangka penanganan Covid-19,” urainya.

Berdasarkan penuturan Sutiaji, dana yang akan disalurkan sejumlah Rp 500 ribu perbulan untuk tiap RT di Kota Malang. Namun hal tersebut masih ditelaah dan belum ada jawaban dari pihak pusat.

“Belum ada jawaban. Insya Allah hari ini kita koordinasi,” ungkapnya pada wartawan, Rabu (10/02).

Baca Juga: Pemkot Malang Akan Fungsikan Eks Gedung Bioskop Garuda Jadi Gedung Badminton

Sutiaji menuturkan bahwa PPKM Skala Mikro, memiliki tujuan adanya swadaya dari masyarakat dalam hal penanggulangan dan pencegahan Covid-19.

“Karena sebenarnya yang digoalkan di PPKM Skala Mikro ini nanti adalah adanya swadaya masyarakat. Jadi diprakarsai oleh masyarakat, karena bagi kita saat ini masyarakat yang tidak taat prokes (protokol kesehatan) adalah musuh negara yang wajib diperangi,” tegasnya.

Dirinya pun beranggapan bahwa pemerintah tidak hanya menyuruh satgas RT untuk mitigasi dari bawah, melainkan juga perlu adanya peran berupa bantuan dana.

“Karena kan kita ingin kuatkan dari bawah, dan sampai kapan? Ya harus seterusnya. Khusus untuk pandemi ini jangan hanya minta RT kerja mengawasi, buat laporan, dan sebagainya, tetapi sementara kita tidak memberikan bantuan,” terangnya. (cw1/sit)

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *