Connect with us

Pendidikan

SMK di Situbondo Gelar Pembelajaran Tatap Muka dan Luring

Diterbitkan

||

SMK di Situbondo Gelar Pembelajaran Tatap Muka dan Luring
PROKES: Suasana pembelajaran tatap muka di SMK Negeri 1 Panji. (her/memontum.com)

Memontum Situbondo – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) SMK di Situbondo, mulai digelar. Salah satunya, seperti yang terlihat di SMK Negeri 1 Panji, Senin (15/02) tadi.

Setelah cukup lama menggelar pelaksanaan kegiatan belajar melalui daring, akibat pandemi Covid-19, akhirnya setelah melalui rapat, kajian dan persiapan yang matang SMKN 1 Panji, mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Tentunya, dengan terpenuhi sarana dan prasarana Prokes sesuai daftar periksa kesiapan PTM yang sudah ditentukan.

Baca: Jong Situbondo Gelar Festival Pendidikan Secara Online

Kepala SMKN 1 Panji, Supri Hartono S.Pd.,M.M, melalui Kasubag TU, Agus S.Pd, menyatakan bahwa pembelajaran tatap muka di sekolahnya pada hari ini, hanya mencoba 50 persen dari jumlah siswa. Jumlah keseluruhan sisa, adalah 2.272 siswa.

“Dari PTM dibagi lagi menjadi dua sesi. Yakni, 50 persen sesi absensi nomer ganjil pada minggu pertama dan 50 persen sesi minggu kedua, dengan siswa nomer absen genap,” katanya.

Adapun tujuan ini, tambahnya, karena di bulan Februari ini pembelajaran semester genap akan berakhir. Sementara siswa-siswanya, akan menghadapi ujian semester dan sekarang sedang mengikuti program Try Out.

“Kemudian ada evaluasi hasil belajar berbasis komputer dan smart school yang akan dilaksanakan secara bersama yang dikoordinir oleh Provinsi Jawa Timur, pada tanggal 15 Maret 2021,” ujar Agus S.Pd.

Lebih lanjut Agus mengatakan, jadi dalam rangka itu, anak-anak yang selama ini terbiasa PJJ (pembelajaran jarak jauh), dikhawatirkan memiliki sesuatu kebiasaan yang belum mendukung.

Misalnya, bangunnya siang. Sehingga, saat ujian dikhawatirkan anak-anak didiknya belum siap secara mental termasuk materinya.

Jadi, ada waktu sekitar 2 minggu ini, kita pergunakan untuk ceking kesiapan anak-anak termasuk membiasakan agar bisa memulai lagi disiplin tepat waktu.

“Sehingga ketika ujian, bisa mengikuti secara luring maupun daring. Yang penting, tidak terlambat,” imbuh Agus.

Baca Juga: Bangunan Sekolah SDN 1 Sumberargo Situbondo Rusak Akibat Longsor

Sebelum PTM digelar, sebelumnya pihak sekolah bekerjasama dengan tim satgas Covid-19 Kecamatan Panji dan satgas Kabupaten Situbondo tentang kesiapan sekolah SMK Negeri 1 Panji terapkan PTM.

Mulai dari ijin orang tua, ijin dari tim satgas covid kecamatan dengan menyiapkan sarana prasarana protokol kesehatan.

“Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah, juga disiapkan sarana prasarana protokol kesehatan. Di antaranya, pengecekan suhu tubuh menggunakan thermo gun, bilik sterilisasi, tempat cuci tangan, penerapan jaga jarak di kelas dengan jarak satu setengah meter, hingga akses jalan One Way atau satu arah,” terangnya. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *