Connect with us

Kota Malang

Musrenbang, Sutiaji Sebut Pemuda Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif

Diterbitkan

||

Memontum Kota Malang – Wali Kota Malang, Sutiaji, hadiri Musrenbang Pemuda di salah satu hotel Kota Malang, Selasa (16/02).

Bertajuk ‘Peran Pemuda Dalam Pemantapan Industri Kreatif dan Pemulihan Sosial Ekonomi Malang’, Musrenbang ini juga dihadiri Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), Dwi Rahayu, Kepala Disporapar (Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata), Ida Ayu Made Wahyuni, dan Ketua TP-PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga), Widayati Sutiaji.

Melalui Musrenbang tematik itu, Sutiaji mengatakan bahwa pemuda adalah penggerak ekonomi kreatif.

“Kita punya kekuatan luar biasa, 50.65 persen penduduk Kota Malang adalah pemuda. Dan sebenarnya basic ekonomi kreatif yang menggerakkan adalah pemuda,” ungkapnya.

Ekonomi kreatif ini, diterangkan Sutiaji, basicnya adalah IT (Information Technology), dan pemudalah yang mampu mengoptimalkan dan menggerakkan. Sehingga diharapkan terciptalah pertumbuhan ekonomi dan pembangunan.

“Yang prioritas untuk pemuda kan ekonomi kreatif, bisa jadi nanti mungkin ada pelatihan dengan jadi youtuber, memaksimalkan sosial media, dan sebagainya. Nanti pasti masuk dan dibina pada bidang OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terakit,” tandasnya.

Baca Juga : Mahasiswa UMM Lakukan Unjuk Rasa, Tuntut Penurunan SPP

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kota Malang itu berharap dari ekonomi kreatif yang dibangun pemuda, bisa menguatkan sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

“Kedua, kami juga menargetkan pemuda nanti mempunyai daya ungkit untuk UMKM. Bagaimana packaging UMKM, bagaimana nilai produksi dari UMKM, itu nanti juga menguatkan,” jelasnya.

Tak hanya itu, dirinya juga ingin menguatkan e-commerce untuk menunjang ekonomi kreatif. Sehingga pasar-pasar rakyat diharapkannya juga menyasar pemuda

“Jadi secara otomatis ada kolaborasi juga dengan marketplace,” singkatnya. (cw1/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *