Connect with us

SEKITAR KITA

Cara Komunitas Njegur Sahabat Laut Peringati HPSN 2021, Ajak Masyarakat Bersihkan Sampah di PPP Mayangan

Diterbitkan

||

Cara Komunitas Njegur Sahabat Laut Peringati HPSN 2021, Ajak Masyarakat Bersihkan Sampah di PPP Mayangan

Memontum Probolinggo – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Kota Probolinggo, diisi dengan kegiatan aksi membersihkan Kawasan PPP (Pelabuhan Perikanan Pantai) Mayangan Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, utamanya diareal kawasan njegur. Aksi membersihkan dan memungut sampah dilakukan oleh puluhan Komunitas Njegur Sahabat Laut.

Ketua Komunitas Njegur Sahabat Laut, Hari Pramono, dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa peringatan HPSN tahun ini, tidak dilaksanakan seperti biasanya karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.
Dirinya mengharapkan melalui peringatan HPSN, edukasi kepada masyarakat tentang menjaga lingkungan dan pengelolaan sampah, dapat terus dilakukan, karena pengelolaan sampah masih menjadi masalah hingga saat ini, Senin (22/02) tadi.

“Dengan mengangkat tema sampah bahan baku ekonomi dimasa pandemi, Diperlukan langkah nyata bagi seluruh lapisan masyarakat untuk mengubah kebiasaan buruk menghasilkan sampah menjadi lebih ramah lingkungan. Terdapat sejumlah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk berkontribusi nyata pada lingkungan,” urainya.

Baca Juga: Anggota DPRD Jatim Minta Masyarakat Tetap Disiplin Prokes di Acara Njegur Bareng

Sementara itu, Ketua tim bersih bersih, Slamet Suhariyadi, menambahkan, kita gencarkan semangat HPSN 2021 ini dengan kerja bakti diwilayah lingkungan pelabuhan dengan tujuan mengajak masyarakat menuju pola hidup bersih.

“Aksi kebersihan ini melibatkan puluhan anggota komunitas yang nantinya akan membersihkan sampah di seluruh wilayah kawasan njegur yang ada di PPP Mayangan Probolinggo,” terang pria paruh baya ini.

Dijelaskan Mamek panggilan akrapnya, saat ini tanggung jawab pembangunan kebersihan tidak hanya bertumpu kepada Pemerintah saja. Namun, memerlukan dukungan dan partisipasi secara aktif dan nyata dari seluruh elemen masyarakat.

“Nah, melalui kegaiatan peduli sampah ini kita juga akan mengedukasi masyarakat termasuk dalam rangka menciptakan Kota Probolinggo yang bersih, sehat, dan nyaman,” jelasnya. (geo/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *