Connect with us

Pemerintahan

Plh Bupati Situbondo Pimpin 17 Kecamatan Gelar Musrenbang Via Teleconference

Diterbitkan

||

Plh Bupati Situbondo Pimpin 17 Kecamatan Gelar Musrenbang Via Teleconference

Memontum Situbondo – Plh Bupati Situbondo, Drs H Syaifullah, memimpin pelaksanaan Musrenbang RKPD 2021 Tingkat Kecamatan sebagai bahan untuk penyusunan RKPD tahun 2022 Kabupaten Situbondo, Senin (22/02) tadi.

Pelaksanaan yang merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan itu, bertujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas atau bottom-up.

Plh Bupati Situbondo, menjelaskan bahwa Musrembang kali ini mengambil tema prioritas pembangunan Kabupaten Situbondo tahun 2022. Yakni, penguatan infrastruktur dasar dan pengembangan sektor pertanian dan pariwisata.

Pengembangan pembangunan tersebut, tambahnya, terdiri dari penguatan keberdayaan kelompok tani dan penguatan keberdayaan kelompok usaha masyarakat. Lalu, pengembangan destinasi wisata dan kebutuhan jaringan internet seluruh desa.

“Lalu, pemanfaatan tehnologi tepat guna pendukung produksi pertanian, peternakan dan perikanan. kemudian, infrastruktur dasar RTLH, air bersih dan sanitasi layak. Serta, penguatan sistem investasi,” paparnya.

Plh Bupati Situbondo Syaifullah menambahkan, dalam Musrenbang ini konsentrasinya tentu menggunakan RPJMD. RKPD menggunakan RPJMD yang disusun oleh Bupati terpilih, karena ini masih transisi, maka belum tersusun. “Paling tidak, ini sebagai acuan menggunakan RPJMN dan menggunakan RPJB,” jelas Syaifullah.

Baca Juga: Pimpin Apel Terakhir, Wabup Situbondo Sampaikan Permintaan Maaf dan Terima Kasih ke Seluruh ASN

Kepala Bappeda Situbondo, Dra. Hj.Tri Cahya Setyaningsih MM, mengatakan pelaksanaan Musrenbang kecamatan saat ini dilakukan secara webinar yang dipusatkan di Intelegent Room. Ada pun pesertanya, 17 kecamatan se-Kab Situbondo.

Musrenbang tingkat kecamatan ini, merupakan tahapan Musrenbang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan dari hasil musyawarah pada tingkat desa dan kelurahan.

“Dengan adanya Musrenbang tingkat kecamatan ini, diharapkan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan. Sehingga, dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Situbondo,” ujarnya.

Ditambahkan, dalam Musrenbang kecamatan ini, usulan kegiatan dari tingkat desa akan dilakukan verifikasi terkait dengan kelayakan usulan. Baik secara teknis maupun jenis kewenangan.

“Verifikasi pada Musrenbang tingkat kecamatan, dilakukan oleh masing-masing unit Perangkat Daerah terkait yang berada di tingkat kecamatan, misalnya UPTD Pekerjaan Umum, penyuluh pertanian, Koordinator Wilayah Pendidikan, UPTD Kesehatan atau Puskesmas dan lain sebagainya. Dari proses verifikasi tersebut, akan dihasilkan daftar usulan kegiatan yang selanjutnya akan dibawa ke proses selanjutnya. Yaitu, Forum Perangkat Daerah guna dilakukan sinkronisasi dan verifikasi kelayakan secara lebih lanjut,” paparnya. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *