Connect with us

Hukum & Kriminal

Catut Foto dan Nama Ketua Dewan Kota Malang, Pelaku Gondol Uang Rp 3 Juta

Diterbitkan

||

Catut Foto dan Nama Ketua Dewan Kota Malang, Pelaku Gondol Uang Rp 3 Juta
WA pelaku. (ist)

Memontum Kota Malang – Tak pernah terbayang oleh Ratna Wati Dwi Rahayu (45) warga Jl Ngaglik Gang IV B, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Senin (22/2/2021) pagi, bakal menjadi korban penipuan.

Wanita yang akrab disapa dengan sebutan Libra ini tertipu Rp 3 juta oleh pelaku yang mencatut nama dan foto Ketua Dewan Kota Malang I Made Dian Kartika.

Pelaku sendiri melakukan aksinya dengan memasang foto ketua dewan di akun Facebook. Hanya saja di Facebook tersebut tertulis nama yang sedikit berbeda. Yakni tertulis nama I Made Riandiana Kartikasari. Modus pelaku menawarkan dana modal usaha dalam masa pandemi Covid-19.

Baca: Nekat Curi Motor, Pengamen Jalanan Diringkus Polisi

Diceritakan oleh Libra bahwa dirinya sebelumnya sudah mengenal dengan ketua Dewan Kota Malang I Made Riandiana Kartika SE.

“Sebelumnya saya sudah mengenal Pak Made. Kemarin itu tiba-tiba ada akun Facebook baru dengan menggunakan foto Pak Made mengajak pertemanan. Saya mengira kalau itu akun Facebook baru Pak Made hingga saya acc pertemanannya,” ujar Libra, Selasa (23/2/2021) sore.

Di Facebook tersebut terdapat postingan pinjaman online modal usaha untuk warga yang terdampak Covid-19.

“Tertulis untuk pinjaman itu harus menghubungi Pak Johan. Saya sempat telp ke Pak Made yang asli, namun tidak tersambung,” ujar Libra.

Karena percaya, Libra kemudian menghubungi nomer pelaku yang mengaku bernama Johan. “Saat itu saya pinjam Rp 60 juta. Rencananya uang itu untuk bayar uang semester kuliah anak saya dan modal usaha,” ujar Libra.

Tutur kata pelaku cukup meyakinkan, hingga Libra semakin percaya. “Cicilannya Rp 1,25 juta perbulan selama 4 tahun. Kemudian ada subsidi lagi hingga Rp 650 ribu perbulannya. Namun untuk peminjaman Rp 60 juta tersebut ada uang admin 5 sampai 10 %. Saya sendiri dikenakan yang 5% jadi total yang harus saya bayar Rp 3 juta sebelum uang dicairkan,” ujar Libra.

Karena tidak punya uang sebesar itu, Libra pun mengadaikan motor milik anaknya. Sebab dia sangat berharap bisa mendapat pinjaman tersebut sebagai modal usaha. Dia kemudian mentransfer uang Rp 300 ribu dan uang Rp 2,7 juta ke rekening atas nama Imatus Zahroh.

Baca juga: Pukuli Korban, Maling Burung Jalak Suren Dibekuk Polisi

“Tak lama setelah transfer itu ada panggilan telp. Nomer tersebut menggunakan foto profil Pak Made. Namun ada yang aneh, suaranya berbeda dengan suara Pak Made yang saya kenal. Kalau Pak Made asli biasanya memanggil saya dengan sebutan Mbak Libra. Kalau pelaku ini memanggil saya dengan sebutan Bu Ratna. Ada yang aneh hingga saya sadar bahwa yang telp saya ini bukanlah Pak Made yang asli,” ujar Libra.

Saat itu Libra juga melihat ada klarifikasi bahwa Facebook atas nama I Made Riandiana Kartikasari bukanlah bukanlah facebook milik Pak Made Ketua Dewan.

“Saya kemudian disarankan untuk segera melapor ke Polresta Malang Kota. Kemarin saya langsung melapor ke Polresta,” ujar Libra. (gie)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *