Connect with us

SEKITAR KITA

Tak Lolos Screening, Peserta Vaksinasi Malang Diarahkan Periksa ke Poli Umum

Diterbitkan

||

Tak Lolos Screening, Peserta Vaksinasi Malang Diarahkan Periksa ke Poli Umum

Memontum Kota Malang – Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) di seluruh Kota Malang, mulai lakukan vaksinasi untuk petugas pelayan publik Rabu (23/02) ini.

Vaksinasi tahap II tersebut, miliki alur yang sama persis dengan vaksinasi tahap I, atau yang menyasar para tenaga kesehatan (Nakes).

Namun, sedikit berbeda di Puskesmas Dinoyo. Peserta vaksinasi yang tidak lolos screening, tidak langsung dibatalkan atau ditunda. Melainkan, pihak Puskesmas akan mengarahkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di Poli Umum, yang terdapat di Puskesmas Dinoyo.

“Tahapan vaksinasi sama saja, mulai dari meja 1 untuk registrasi atau pendaftaran. Kemudian, peserta menuju meja 2 untuk dilakukan screening. Nah, di sini adalah bagian yang penting. Kalau kesehatannya ada yang bermasalah, kita perlu pemeriksaan lanjutan,” terang Kepala Puskesmas Dinoyo, dr Rina Istarowati.

Pihaknya khawatir, jika calon penerima vaksin tidak fit, akan mempengaruhi kondisi. Oleh karena itu, dr Rina menyarankan, selepas tidak lolos screening untuk periksa dahulu ke Poli Umum yang ada di Puskesmas Dinoyo.

“Contoh, tadi ada yang diabetes. Tetapi sudah 1 bulan tidak pernah kontrol. Maka, kami sarankan periksa dahulu ke Poli. Jadi, kita arahkan dahulu untuk pelayanan. Nanti dicek fisiknya, ada tanda akut atau tidak. Kalau memenuhi syarat kita lakukan vaksinasi, tapi kalau harus distabilkan dulu, bisa besok atau lusa vaksinasinya,” paparnya.

Baca juga: Vaksinasi Tahap II Gunakan Vaksin Buatan Bio Farma, Ini Penjelasan Satgas Covid-19 Malang

Selanjutnya, ujar dr Rina, terdapat meja 3 untuk penyuntikan vaksin dan meja 4 untuk observasi pasca vaksinasi. Lokasi pintu masuk dan keluar, pun juga dipisahkan untuk memudahkan observasi.

“Jadi pintu masuk dan keluar beda, supaya tidak bercampur antara yang menunggu registrasi dengan yang selesai vaksinasi. Meja observasi juga dekat dengan UGD, jaga-jaga kalau ada yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) berat dan seandainya diperlukan tindakan segera,” tambahnya.

Berdasarkan keterangan dr Rina, vaksinator yang bertugas dalam vaksinasi di Puskesmas Dinoyo ini berjumlah 6 orang.

“Vaksinator kami yang sudah terlatih sebanyak 6 orang. Kalau nakes yang bertugas, di meja 1 dan 2 masing-masing ada 4 nakes, meja 3 ada 2 vaksinator, dan meja 4 ada 2 Nakes,” urainya.

Lebih lanjut dr Rina menyampaikan bahwa total sasaran vaksinasi di Puskesmas Dinoyo sejumlah 250 orang. Terdiri dari petugas pelayan publik Kelurahan Ketawanggede, Kelurahan Merjosari, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang.

“Karena jumlahnya cukup banyak, terjadwal 3 hari. Untuk hari ini sasaran kita 100, besok 100, Jumat (26/02) nya Insyaallah 50,” terangnya. (cw1/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *