Connect with us

Politik

Komisi II Minta Destinasi Wisata di Trenggalek Kembali Dibuka

Diterbitkan

||

Komisi II Minta Destinasi Wisata di Trenggalek Kembali Dibuka
Ketua Komisi II DPRD Trenggalek, Pranoto (tengah).

Memontum Trenggalek – Pasca meningkatnya trend penularan kasus positif Covid-19 hingga membuat Trenggalek masuk zona merah, seluruh destinasi wisata ditutup untuk batas waktu yang belum ditentukan.

Namun seiring berjalannya waktu, saat ini Kabupaten Trenggalek sudah kembali ke zona orange atau daerah dengan tingkat penyebaran Covid-19 sedang.

Baca: Kasus Positif Covid-19 Menurun di Trenggalek

Untuk itu, Komisi II DPRD Trenggalek meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek agar kembali membuka seluruh destinasi wisata yang ada.

Rencananya, dalam waktu dekat destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek akan kembali dibuka.

“Kemarin kita melakukan peninjauan di sejumlah destinasi wisata. Para pengelola pun juga menginginkan jika tempat wisata bisa segera dibuka kembali,” ucap Ketua Komisi 2 DPRD Trenggalek, Pranoto saat dikonfirmasi Rabu (24/02/2021) sore.

Bukan tanpa alasan, lanjut Politisi PDIP ini, pembukaan kembali seluruh destinasi wisata ini mengingat kondisi masyarakat yang menggantungkan perekonomiannya dari sektor pariwisata.

“Pasca ditutup karena Trenggalek masuk zona merah kemarin, para pengelola wisata mau tidak mau harus mengikuti kebijakan dari Bupati. Akan tetapi, karena saat ini angka pasien positif Covid-19 sudah menurun. Mereka meminta agar wisata bisa kembali dibuka,” imbuhnya.

Jika tidak segera dibuka, dikhawatirkan kondisi perekonomian masyarakat yang bergantung di sektor pariwisata akan semakin terpuruk.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto mengungkapkan, pembukaan kembali destinasi wisata yang ada masih akan dikoordinasikan ulang bersama sejumlah pihak.

“Masih kita koordinasikan bersama, baik dengan Plh Bupati Trenggalek hingga Satgas Covid-19. Dari awal koordinasi, Plh Bupati sudah memberikan lampu hijau terkait pembukaan kembali destinasi wisata,” jelas Sunyoto.

Meski begitu, pihaknya juga akan kembali mempertimbangkan berdasarkan rekomendasi Satgas Covid-19 di tingkat kabupaten maupun tingkat desa.

Baca juga: Gubernur Jatim Apresiasi Penguatan Kampung Tangguh Semeru di Kabupaten Trenggalek

Rekomendasi ini termasuk untuk pemilihan tempat wisata yang dinyatakan aman untuk dibuka bagi wisatawan.

“Nanti akan kita sampaikan, jika sudah sama-sama disepakati kapan akan dibuka lagi,” tegasnya.

Pihaknya juga berharap dalam waktu dekat, tempat-tempat wisata yang memenuhi syarat bisa dibuka kembali. Dan terkait pembukaan destinasi wisata ini nantinya juga akan melalui persiapan-persiapan.

“Tentunya persiapan yang dilakukan tidak berbeda dengan sebelumnya. Karena sebelum ditutup, mereka juga pernah membuka tempat wisata dengan segala kebutuhan protokol kesehatan. Mengingat kondisi yang ada saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19,” pungkas Sunyoto. (mil/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *