Connect with us

Pendidikan

Ingin Jadi Kepala Sekolah di Malang, Diklat Cakep Ya…

Diterbitkan

||

Ingin Jadi Kepala Sekolah di Malang, Diklat Cakep Ya…

Memontum Kota Malang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang berupaya meningkatkan kualitas kepala sekolah di seluruh instansi pendidikan di Kota Malang.

Salah satu upaya tersebut, dengan mewajibkan calon kepala sekolah mengikuti Diklat Calon Kepala Sekolah (Diklat Cakep).

“Mulai tahun 2014 kalau tidak salah, stok calon kepala sekolah tinggal sedikit,” ungkap Kepala Dikbud Kota Malang, Suwarjana, Kamis (25/02) tadi.

Padahal menurutnya, calon kepala sekolah sebelum resmi menjabat harus lulus Diklat Cakep. Tak hanya sekolah negeri di Kota Malang, hal itu juga berlaku bagi sekolah swasta.

“Sekarang, mohon maaf, untuk jadi kepala sekolah itu harus lulus Diklat Cakep, baik sekolah negeri maupun swasta. Jadi kami tekankan pada teman-teman yayasan yang mendirikan sekolah bahwa kepala sekolah swasta pun yang diangkat oleh yayasan mereka harus mandiri untuk ikut Diklat Cakep,” tambah Suwarjana.

Baca juga: Bina Kesenian Tradisional Malang, Dikbud Gelar Malang Got Culture Talent

Pasalnya, dijelaskan Suwarjana, jika kepala sekolah belum mengikuti Diklat Cakep, sekolah tersebut tidak bisa menerima bantuan.

“Tak hanya itu, nanti bisa bermasalah di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Kemudian kayak bantuan-bantuan tidak bisa mendapatkan, bahkan tidak bisa tandatangan di Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) kalau mereka belum lulus Diklat Cakep,” tegasnya.

Meski begitu, untuk saat ini diakui pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah itu, di Kota Malang tinggal 4 sekolah swasta yang belum ikuti Diklat Cakep.

“Insyaallah Kota Malang walaupun sekolah swasta, sudah tinggal 4 apa 6 sekolah yang belum ikut Diklat Cakep. Kalau negeri sudah pasti,” jelasnya.

Mulai bulan ini pun pihaknya sudah lakukan seleksi administrasi untuk calon kepala sekolah. Untuk seleksi pengetahuan umum

akan dilangsungkan dengan Lembaga Penyelenggara Pemberdayaan dan Peningkatan Calon Kepala Sekolah (LP3KS). (cw1/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *