Connect with us

Pemerintahan

Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek Resmi Dilantik Gubernur Jatim

Diterbitkan

||

Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek Resmi Dilantik Gubernur Jatim
PELANTIKAN: Suasana pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar parawansa di Gedung Grahadi Surabaya.

Memontum Trenggalek – Pasangan kepala daerah, Mochamad Nur Arifin dan Syah Muhammad Natanegara resmi dilantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Mulai hari ini, Mas Ipin – Syah resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek periode 2021-2024.

Pelantikan ini dilaksanakan berdasarkan hasil dari Pemilihan Kepala Daerah serentak 9 Desember Tahun 2020 lalu.

Demi mematuhi protokol kesehatan, prosesi pelantikan dari Gedung Negara Grahadi tersebut berlangsung secara hybrid. Dimana hanya kepala daerah dan wakilnya yang ada di dalam ruang pelantikan di Gedung Grahadi.

Sedangkan undangan lainnya mengikuti secara virtual di kabupaten/kota masing-masing.

Kepada pasangan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek, Gubernur Khofifah menyampaikan pesan sebagaimana amanat Presiden kepada seluruh Kepala Daerah agar segera dapat melaksanakan tugas dengan cepat, tepat, dan detail.

“Saya harap kita bisa bekerja cepat, efektif, efisien, transparasi, tanggap, sehingga akuntabilitas kita bisa tetap terjaga dan selalu responsif,” ucap Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa Jum’at (26/02/2021) siang.

Lebih lanjut Gubernur turut menekankan bahwa PPKM Mikro dimasa pandemi covid-19 masih belum berakhir. Gubernur berharap agar Bupati dan Wakil Bupati dilantik bisa melakukan percepatan realisasi dana desa untuk mendukung PPKM Mikro di daerah.

“Covid sudah melandai tapi belum berhenti penyebarannya. Kita harapkan April sudah take off ekonomi kita,” terangnya.

Selain itu, perempuan yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial ini turut berpesan agar visi RPJMD Kabupaten/Kota untuk bisa berseiring dengan RPJMD Provinsi Jawa Timur serta RPJMN.

“Tentu kami berharap bahwa sinergitas antara Kabupaten dengan Provinsi terbangun dengan bai. Sinergi dan kolaborasi saya rasa menjadi bagian dari kekuatan kita,” kata Gubernur Khofifah.

Poin penting lain yang disampaikan oleh Gubernur Khofifah adalah upaya peningkatan kualitas SDM di masing-masing daerah. Menurut Gubernur, salah satu upaya tersebut bisa dilakukan dengan penurunan angka stunting.

Hal ini juga selaras dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju dengan fokus terhadap penanganan stunting.

“Saya berpesan untuk meningkatkan daya saing dan meningkatkan sdm secara khusus dengan langkah menurunkan stunting,” tuturnya.

Baca juga: Plh Bupati Trenggalek Berharap Pebisnis Perempuan Mampu Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek ini diambil sumpah jabatannya bersama dengan 5 Kabupaten lainnya di sesi pertama dari 17 Kepala Daerah di Jawa Timur yang dilantik pada hari ini.

Sementara itu Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, usai dilantik menyampaikan bahwa sejumlah program strategis yang akan dilaksanakan pada masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Syah Natanegara.

Diantaranya tentunya terkait penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi hingga program 5.000 pengusaha perempuan baru dan beberapa program lainnya.

“Yang jelas kita koordinasi, kita langsung evaluasi PPKM mikro terus kita siapkan pembukaan sektor-sektor ekonomi esensial, kemudian program-program prioritas seperti 5.000 pengusaha perempuan, program masyarakat sehat yang kita beri insentif, terus kemudian Adipura Desa, nanti langsung kita kebut,” ungkap Bupati Nur Arifin.

Dikatakan Mas Ipin sapaan akrabnya saat merencanakan RKPD, ia masih menjabat sebagai Bupati.

“Kebetulan waktu kita merencanakan RKPD untuk 2021 ini, saya kan waktu itu masih menjabat sebagai Bupati, jadi alhamdulillah kemudian dipilih lagi oleh masyarakat sehingga program-programnya bisa langsung in line,” pungkasnya.

Selain pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati, pada acara yang sama juga dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda. (mil/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *