Connect with us

Pemerintahan

Antisipasi Banjir Besar Terulang, Pemkot Probolinggo Akan Pasang Skrin di Sungai Legundi

Diterbitkan

||

Memontum Probolinggo – Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo bakal memasang skrin atau filter di Sungai Legundi. Skrin ini dipasang untuk menyaring sampah di aliran sungai sehingga potensi terjadinya banjir bisa diminimalisir.

“Skrin ini fungsinya untuk menahan sampah dan ranting pohon agar tidak ikut masuk aliran sungai,” ujar Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, saat meninjau aliran Sungai Legundi, Rabu (03/03).

Untuk merealisasikan pemasangan alat itu, Pemkot Probolinggo, akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Sebab pengelolaan Sungai Legundi merupakan wewenang Pemprov Jatim.

Baca Juga : Banjir Susulan Kembali Terjadi di Dua Desa Probolinggo, 10 Warga Harus Dievakuasi dengan Perahu Karet

“Berdasarkan pantauan pasca banjir, sungai meluap karena banyaknya sampah dan ranting yang tersangkut di setiap jembatan di aliran sungai. Untuk itu, maka sampah dan ranting harus difilter agar tidak mengendap saat masuk ke jembatan,” jelasnya

Selain pemasangan Skrin, Pemkot Probolinggo juga mempertimbangkan membuat tempat penampungan air hujan seperti embung. Untuk meminimalisir banjir kiriman.

Sebagai rencana tindak lanjut, Pemkot Probolinggo, Pemkab Probolinggo serta UPT Pengelolaan Sumber daya Air Wilayah Sungai (PSDA WS) Pemprov Jatim, akan menggelar rapat koordinasi pada hari ini, Rabu (03/03).

Sementara itu, Kepala UPT. PSDA WS Provinsi Jatim, Novita Angriani, menyebutkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kota Probolinggo terkait desain skrin yang bakal dipasang. “Segera kita koordinasikan dengan dinas PUPR Kota Probolinggo terkait desainnya. Sementara terkait DAM klep Sumberkareng, terlebih dahulu akan dibersihkan dari sampah, kemudian akan diperbaiki,” urai Novita. (geo/ed2).

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *