Connect with us

Pemerintahan

Menuju Situbondo Berjaya, Danlanal Banyuwangi Bersama Bupati Restorasi Terumbu Karang

Diterbitkan

||

Menuju Situbondo Berjaya, Danlanal Banyuwangi Bersama Bupati Restorasi Terumbu Karang

Memontum Situbondo – Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama Seselam (Sekolah Penyelam TNI-AL), menggelar kegiatan pengembangan konservasi pesisir terpadu (Konser Padu) dengan melaksanakan gotong royong restorasi terumbu karang, Rabu (03/03) tadi.

Pelaksanaan tersebut, dengan memanfaatkan bahan daur ulang ban bekas yang dipusatkan di Balai Konservasi Dinas Kelautan Situbondo Watu Kenong, Dusun Kesambirampak Barat, Desa Pasirputih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo.

Selaku inisiator dalam kegiatan tersebut, adalah Komandan Kodik Opsla Laksamana Pertama TNI Eko Wahyono, SE.,MM.

“Mari Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati Situbondo, kita bersama-sama menjaga kelestarian biota laut. Khususnya, terumbu karang sebagai rumah ikan melalui kerjasama penyelam TNI AL, Babinpotmar, Babinsa, Babinkamtibmas dan karang taruna, Pelaku pelestari lingkungan, pecinta alam dan Pokmas lainnya melalui pemberdayaan masing-masing,” kata Laksamana Pertama TNI Eko Wahyono.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, sebenarnya tugas pokoknya Seselam adalah melatih para siswa untuk menjadi penyelam TNI AL. Namun, seiring dengan kita melaksanakan latihan selam, kita juga bersinergi membantu masyarakat dalam rangka konservasi terumbu karang.

“Jadi, kondisinya di Pantai Pasir Putih ini sudah tidak putih lagi. Sehingga, kami berkewajiban untuk bisa membantu dan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” imbuhnya

Selain itu juga dilaksanakan pelatihan di daerah Pasir Putih, nantinya juga akan membantu melaksanakan konservasi terumbu karang.

“Tujuannya, supaya tumbuh lagi dan kami siap membantu masyarakat bersinergi dengan Pemda maupun komunitas masyarakat lainnya, dengan membantu memfasilitasi sarana ban bekas. Bagaimana ban tersebut bisa masuk ke dalam laut sebagai rumah ikan,” imbuhnya.

Ditambahkan, bahwa pelatih-pelatih ini ulung semua. “Bahkan, siap untuk membantu karena ini adalah tempat kita bersama dan nanti kita bantu supaya Pasir Putih ini kembali jadi destinasi pariwisata bahari,” jelasnya.

BACA JUGA: Usai Sertijab, Bupati Situbondo Minta Sekda Motivasi Camat Guna Diteruskan ke Desa dalam APBDes

Melalui tema ‘Semangat Menuju Perubahan Situbondo Berjaya’, Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Joko Setiyono. S.E., M.Tr Hanla, berharap semoga kegiatan restorasi ini membawa dampak besar bagi kelestarian biota laut.

Terlebih, bagi perekonomian masyarakat, mengingat Pasir Putih Situbondo, merupakan destinasi bahari.

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengatakan bahwa keberadaan pasir yang ada di Pasir Putih, sudah mulai menghitam. Untuk itu, Bupati meminta Kadis DLH untuk restorasi terumbu karang dari ban bekas yang nantinya akan jadi rumah ikan-ikan dan biota laut lainnya.

“Marilah kita bersama-sama jaga dan lestarikan laut kita. Sehingga, pasirnya tetap putih dengan merawat terumbu karang untuk peningkatan perekonomian masyarakat sekitar,” terang Bung Karna-sapaan akrab Bupati Situbondo. (her/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *