Connect with us

SEKITAR KITA

Dukung Program Unggulan Kapolri, Polres Malang Launching Aplikasi Inovasi SIM Malang Presisi

Diterbitkan

||

Dukung Program Unggulan Kapolri, Polres Malang Launching Aplikasi Inovasi SIM Malang Presisi

Memontum Malang – Untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan pengurusan sim. Polres Malang bersama Dirlantas, menggelar Launching Inovasi Pelayanan SIM Malang Presisi, Rabu (03/03) tadi.

Sesuai program Kapolri dalam 100 hari kerja di bidang lalu lintas, pelaksanaan kegiatan itu dipusatkan di Satpas Jalan Sudirman, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Program unggulan 100 Hari kerja Kapolri bidang Lantas itu, bertujuan untuk memudahkan masyarakat dengan kapan pun dan di mana pun, dalam pengurusan SIM Malang Presisi.

Hadir dalam pelaksanaan itu, Kasat Lantas Polres Malang, AKP Ady Nugroho, Kapolsek Lawang, Kompol Hartono, Kapolsek Singosari, Kompol Okta Panjaitan, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang, Drs Hafi Lutfi, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Plh Suwignyo, serta jajaran PJU Polres Malang.

BACA JUGA: Kapolres Malang Raih Penghargaan Kapolda Jatim Awards 2021 Sebagai Juara Satwil Terbaik

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar, dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui Menpan RB, Polres Malang dianggap telah memiliki kategori pelayanan prima antara lain pelayanan SIM dan SKCK.

Karenanya sekarang, untuk pengurusan SIM, tidak harus antri ke kantor. Karena, memang durasi waktu untuk pelayanan SIM sekarang lebih cepat, yakni hanya dengan aplikasi SIM Malang Presisi.

“Polres Malang membuat aplikasi Digital dan virtual kepada masyarakat dengan mengedepankan kecepatan dan ketepatan sesuai harapan masyarakat. Salah satu fiturnya yakni penerapan ujian teori langsung dikerjakan melalui aplikasi. Dalam aplikasi ini akan ada soal untuk pemohon pembuatan Sim, setelah dikerjakan hasilnya bisa langsung diketahui,” terangnya.

Masih menurut Kapolres, program yang luar biasa ini merupakan transformasi peningkatan pelayanan masyarakat terkait dengan pembuatan dan perpanjang SIM.

“Launching Sim Malang Presisi ini tujuannya untuk memangkas birokrasi ujian dengan menggunakan aplikasi yg tersedia. Sehingga, ujian tulis bisa dilakukan di rumah guna meminimalisir penyebaran Covid-19. Selain itu bisa meminimalisir angka kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” tuturnya

Masih kata pria dengan dua Melati di pundak itu, sebenarnya ini bukan pertama kali dilakukan inovasi dalam pelayanan SIM.

“Jadi, SIM Malang Presisi ini merupakan pengembangan dari inovasi yang telah ada sebelumnya,” tambahnya. (cw3/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *