Connect with us

Pemerintahan

Ini Fokus Pembangunan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek 3 Tahun Kedepan

Diterbitkan

||

Ini Fokus Pembangunan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek 3 Tahun Kedepan
Serah terima jabatan Bupati Trenggalek di Pendopo Manggala Praja Nugraha.

Memontum Trenggalek – Kembali menerima amanah sebagai Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin bersama wakilnya Syah Natanegara membeberkan terkait fokus pembangunan selama 3 tahun masa kepemimpinannya kedepan.

Hal itu disampaikan Mochamad Nur Arifin dalam rapat paripurna perdana pasca resmi dilantik menjadi Bupati Trenggalek periode 2021-2024.

Dalam rapat yang dilakukan semi daring ini, turut hadir pula Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan sebagian anggota DPRD Kabupaten Trenggalek baik secara langsung maupun secara virtual.

BACA JUGA: Kemenperin RI Beri Bimtek WUB Kepada 60 Pelaku IKM di Trenggalek

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyampaikan, dalam masa kepemimpinannya kedepan, ia bersama wakilnya akan fokus 3 hal dalam proses pembangunan.

“Tadi kita sudah bersama-sama mendengarkan arahan Gubernur Jatim, sebagaimana arahan yang diberikan Presiden soal startegi percepatan untuk Peraturan Presiden Nomor 80. Dan kita akan fokus pada pembangunan ekonomi inklusif serta pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), dimana di Kabupaten Trenggalek angka stunting masih cukup tinggi,” ungkap Bupati Arifin sat dikonfirmasi, Kamis (04/03/2021) siang.

Ia juga menyebut soal PR yang menjadi persoalan saat ini, yakni terkait Human Development Indeks. “Bagaimana sumber daya manusia di Pondok Pesantren yang pada dasarnya sudah bersekolah akan tetapi tidak mendapatkan pendidikan formal kejar paket. Ini yang menjadi prioritas kita, termasuk angkatan siswa atau anak yang masuk usia sekolah juga akan dilakukan pendataan ditingkat desa agar bisa masuk PAUD/TK,” jelasnya.

Dengan begitu, angka partisipasi kasar maupun angka lama sekolah bisa menjadi lebih baik.

Kemudian juga di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Gubernur Jatim juga menyentil jika ingin benar-benar meroket lebih difokuskan ke digitalisasi.

“Saat ini PKK sudah mempuy One Big Data untuk UMKM dibawah naungan Dekranasda, juga 5.000 pengusaha perempuan untuk menguatkan. Selanjutnya kita membangun kreatif lab yang didalamnya terdapat kurasi, master of desain juga ada school of pouding biar bisa saling kolaborasi dengan UMKM dan semakin meroket,” kata Bupati Arifin.

Kabar Selebihnya Kabupaten Trenggalek, KLIK DISINI…

Masih terang suami Novita Hardini ini, yang terakhir, indeks yang cukup berat yaitu menciptakan indeks kota hijau.

“Karena harus mengukur kadar karbon juga transportasi yang sustainable, dan lebih banyak jalur pejalan kaki atau pesepeda dibandingkan dengan yang menggunakan kendaraan bermotor, cakupan ruang terbuka hijau, air bersih dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Oleh karena itu, 3 hal besar inilah yang akan menjadi fokus pembangunan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek selama kurun waktu 3 tahun kedepan. (mil/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *