Connect with us

Pemerintahan

Sampah di Sungai Mayangan Jadi Perhatian Wali Kota Probolinggo

Diterbitkan

||

Memontum Probolinggo – Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, mengimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai. Selain dapat mengakibatkan banjir, juga dapat memicu kualitas air sungai menjadi tercemar.

Hal ini diungkapkan Wali Kota, sehubungan dengan banyaknya sampah di sungai yang ada di Wilayah Kecamatan Mayangan. Tepatnya, di Timur Terminal Cargo, yang ada di Jalan Patimura Rt 01 Rw 08 Gang Tajungan, Kelurahan Mangunharjo. Hingga saat ini, masih dihiasi dengan sampah.

Sampah plastik masih menjadi paling dominan ditemukan di bantaran sungai. Sampah yang tak bisa terurai ini menjadi kendala yang paling serius. Perlu kesadaran bersama masyarakat untuk menjaga lingkungan sungai, terutama agar kualitas air sungai tersebut dapat senantiasa bersih.

Baca Juga : Heboh…Puluhan Orang Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19 di RSU Wanolangan Dringu Probolinggo

“Sampah di tepian sungai yang ada di wilayah kecamatan Mayangan menjadi PR bersama, Pemkot Probolinggo berupaya terus mengimbau agar dengan kesadaran sendiri tidak membuang sampah sembarangan, apalagi itu dilakuan disaat musim penghujan,” terangnya, Jumat (05/03) tadi.

Kepala DLH Kota Probolinggo, Rachmadeta Antariksa, mengatakan meski ditengah pandemi Corona Covid-19, petugas terus melakukan upaya pembersihan. Jika sudah bersih, sebaiknya dijaga bersama agar tidak ada lagi sampah yang dibuang di sungai.

“Beberapa waktu lalu petugas membersihkan sampah di bantaran sungai yang ada di wilayah Rt 01 Rw 08, tepatnya di sisi Timur Terminal Cargo. “Ayo kita jaga kebersihan lingkungan kita bersama, jangan membuang sampah di sungai,” himbaunya.

Dengan begitu, sambungnya, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan semakin meningkat guna menciptakan keindahan aliran sungai harus tetap terjaga. “Setiap hari petugas membersihkan sampah di sekitar lokasi dan diharapkan tidak ada lagi sampah yang dibuang ke sungai,” harapnya.(geo/ed2)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *