Connect with us

Pemerintahan

Kepala BMKG Apresiasi Komitmen Pemkab Trenggalek dalam Kepedulian Perubahan Iklim

Diterbitkan

||

Kepala BMKG Apresiasi Komitmen Pemkab Trenggalek dalam Kepedulian Perubahan Iklim
Kunjungan Kepala BMKG, Dwikorita disambut Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin .

Memontum Trenggalek – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat Dwikorita Karnawati mengapresiasi komitmen Pemkab Trenggalek dalam kepedulian dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

Disampaikan Dwikorita, komitmen tersebut dapat dilihat dari berbagai kebijakan yang selama ini telah berjalan.

“Selain kebijakan yang sudah berjalan, visi Trenggalek Meroket yang didalamnya mendorong terjaganya ekosistem lingkungan hidup dengan baik,” ucap Dwikorita di sela sela kunjungan kerjanya di Trenggalek, Sabtu (06/03/2021) pagi.

BACA JUGA: Ini Fokus Pembangunan Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek 3 Tahun Kedepan

Ia menyebut salah satunya adalah masuknya indeks kota hijau dalam RPJMD sebagai salah satu indikator utama kinerja di Kabupaten Trenggalek.

Tak hanya, di Trenggalek juga ada Adipura Desa. Dimana dalam program ini desa didorong untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan.

“Pak Bupati dan Wakil Bupati semuanya sangat positif sangat peduli terhadap pencegahan bencana, pencegahan kerugian sosial ekonomi, dan kepedulian terhadap perubahan iklim,” imbuhnya.

Menurutnya, komitmen tersebut sangat penting sekali untuk menjaga ekosistem di wilayah Trenggalek ini agar bisa beradaptasi dan memitigasi perubahan iklim.

Di sisi lain dalam upaya mitigasi resiko bencana, Kepala BMKG Pusat juga merespon positif kesiapan seluruh unsur di Kabupaten Trenggalek dalam menghadapi risiko bencana yang bisa saja terjadi setiap saat.

“Tetap dijaga meroketnya, dan ketangguhan menghadapi bencananya dengan melibatkan generasi dalam menjaga kelestarian lingkungan dalam beradaptasi terhadap perubahan iklim,” kata Dwikorita.

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengaku mendapatkan banyak masukan dari BMKG untuk memprovide indikator perubahan iklim yang bisa di-update.

“Banyak sekali masukan yang kita terima dari BMKG. Sehingga kemudian bisa digunakan untuk menentukan keputusan baik di sektor pertanian, sektor perikanan, dan juga mitigasi terhadap bagaimana membangun Trenggalek kedepan,” ungkap Bupati Arifin.

Kabar Selebihnya Kabupaten Trenggalek, KLIK DISINI…

Dikatakan suami Novita Hardini ini, karena sekali lagi Trenggalek bercita-cita meroket. Tidak hanya memikirkan ekonomi rakyat, membangun SDM kreatif, tetapi paling penting ekosistem terjaga.

“Manfaat ekonominya tidak hanya kita rasakan hari ini dan mungkin beberapa tahun kedepan, tapi selama-lamanya karena kita bisa menjaga alam kita dengan baik,” pungkasnya. (mil/syn)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *