Connect with us

SEKITAR KITA

Rencana Pembangunan Jalan dan Alun-alun Jombang Diteliti Dewan

Diterbitkan

||

Rencana Pembangunan Jalan dan Alun-alun Jombang Diteliti Dewan

Memontum Jombang – Komisi C DPRD Kabupaten Jombang menggelar hearing dengan melibatkan Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Kabupaten Jombang serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Senin (15/03) tadi.

Kegiatan yang dikonsentrasikan di Ruang Rapat Komisi itu, terkait rencana perbaikan infrastruktur Kabupaten Jombang.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jombang, Miftahul Ulum, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa hearing yang digelar terkait beberapa program dinas tahun 2021. Progresnya seperti apa, itu sudah disampaikan dalam hearing.

Dewan berharap, terkait rencana pembangunan jalan adalah bagaimana caranya supaya semuanya tuntas. Ini, memang tidak mudah karena perbaikan infrastruktur jalan itu tergantung dari anggaran.

“Sepanjang ada anggaran, kami siap. Karena situasi selama dua tahun terakhir, ada pandemi. Tahun kemarin, anggaran diadakan refocusing sehingga total tidak ada kegiatan. Sedangkan tahun ini, ada kegiatan tetapi dipotong anggarannya. Tahun ini ada sekitar 37 paket dengan total panjang 17 Km,” ujar Miftahul Ulum.

Baca juga: Komisi B DPRD Jombang Rakor Bersama Disperindag Untuk Penataan Pedagang

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dewan juga berharap, belanja untuk infrastuktur ditingkatkan. Karena, untuk memenuhi kebutuhan hajat hidup orang banyak. Dalam hal teknis, Dinas PUPR melaksanakan sesuai anggaran.

“Dari 37 paket sekitar 16 paket sudah di ULP. Insya Allah, dalam Minggu ini akan dilaunching. Sehingga, pada bulan depan sudah dikerjakan,” paparnya.

Sedangkan dalam hearing dengan Dinas Lingkungan Hidup, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rofiq, menyinggung mengenai rencana pembangunan Alun – Alun Jombang.

Ada pun total anggaran yang dibutuhkan Rp 17 milliar dan anggaran yang tersedia Rp 9,7 milliar. Anggaran tersebut, akan difokuskan untuk pembangunan Alun – Alun di sebelah Selatan.

Jika ada sisa anggaran, maka akan dilanjutkan pembangunan Alun – Alun sebelah Barat. Sehingga anggaran Rp 9,7 milliar, itu mencakup lighting serta taman.

“Bulan April akan diadakan proses pelelangan. Sedang target untuk pengerjaannya sendiri, sekitar 5 bulan. Sehingga, tidak sampai akhir tahun sudah selesai,” tutur Rofiq.

Komisi C DPRD Kabupaten Jombang, Miftahul Huda, menyampaikan bahwa anggaran sudah di setujui oleh dewan.

“Insya Allah, minggu depan menunggu paparan perencanaan Alun – Alun dari Dinas Lingkungan Hidup. Karena ada tahap pembangunan satu dan sesi dua. Untuk tahap satu, dengan anggaran Rp 9,7 milliar. Menyusul, pekerjaan lanjutan di tahun berikutnya. Khusus Dinas PUPR, rencananya ada 7 titik pengerjaan yang sedang dibahas. Tetapi, ada satu titik yang sudah pada proses pelelangan. Yang jelas, perencanaan dan pelaksanaan harus fix serta pengawasan harus sesuai. Harapan kami, start awal harus tahu mulai dari perencanaan hingga kegiatan pelaksanaan,” papar Miftahul Huda. (azl/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *