Connect with us

Pendidikan

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim Adakan Program Sekolah Pantai

Diterbitkan

||

Memontum Situbondo – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengadakan kegiatan sekolah pantai bagi generasi muda,  Rabu,(17/03).

Balai Konservasi Perairan Daerah Pasir Putih, Kecamatan Bungatan. Mengingat saat ini masa pandemi Covid-19, jumlah peserta 60 orang maka pertemuan dibagi menjadi dua sesi dengan masing-masing setiap sesi ada 30 orang peserta dari unsur karang taruna dan SMK Perikanan. Tentunya tetap mengikuti protokol kesehatan.

Kepala Seksi Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil DKP Provinsi Jatim, Awalrush Andira mengatakan, generasi muda perlu ditingkatkan kesadarannya, bahwa laut banyak menghasilkan kekayaan alam. Dan Gubernur Jatim berharap dari pelaksanaan kegiatan ini, pemuda-pemudi tumbuh kesadarannya bahwa laut harus dijaga untuk generasi mendatang. Kemudian alasan mengapa Situbondo terpilih sebagai tempat sekolah pantai karena sangat berpotensi sekali.

“Tujuan khusus kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir, khususnya pada pemuda-pemudi sekitarnya, tentang pengelolaan pantainya juga menumbuhkan kepedulian lingkungan dengan membekali tentang dampak perubahan iklim terhadap ekosistem laut yang ada di wilayah pesisir,” tuturnya.

Baca Juga : SMK di Situbondo Gelar Pembelajaran Tatap Muka dan Luring

Selanjutnya dia menyampaikan bahwa guna mengurangi abrasi yang ada di pasir putih, maka selain giat sekolah pantai juga melaksanakan penanaman100 pohon cemara di seputar lokasi kegiatan.

“Jangan membuang hal apapun, yang tidak tahu itu bermanfaat atau tidak untuk di bawah laut,” himbau Awalrush Andira.

Para peserta sekolah pantai tampak semangat mengikuti kegiatan dengan patuhi protokol kesehatan. Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan Situbondo, Roy Hidayat, S.Pi. M.Si., memberikan apresiasi adanya pelaksanaan program sekolah pantai bagi generasi muda di Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo. Dan mengajak serta berharap bisa menumbuhkan rasa cinta juga kepedulian dikalangan generasi muda daerah sekitar, sehingga dapat ikut menjaga kelestarian lingkungan laut dan pesisir. (her/ed2).

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *